Foxconn Pindahkan Produksi Apple Keluar China  

| Jum'at, 27/11/2020 18:30 WIB
Foxconn Pindahkan Produksi Apple Keluar China   Logo Apple (Foto: Merdeka.com)

RADARBANGSA.COM - Pabrik perakit barang elektronik, Foxconn dikabarkan akan segera memindahkan produksi Apple dari China ke Vietnam. Menurut salah seorang narasumber, perusahaan mengambil keputusan ini setelah mempertimbangkan dampak keberlanjutan perang dagang antara China dan AS.

Reuters merinci jika Foxconn tengah membangun jalur perakitan khusus untuk iPad dan MacBook di wilayah Bac Giang di timur laut Vietnam. Perusahaan akan mulai beroperasi pada tahun 2021. Kendati demikian, informasi ini masih bersifat tertutup dan perusahaan tidak terbuka untuk menyebarkannya.

"Keputusan ini diminta oleh Apple. Mereka ingin mendiversifikasi produksi setelah perang dagang,” kata narasumber yang menolak identitasnya dipublikasikan.

Lebih lanjut, Foxconn Taiwan pada hari Selasa mengumumkan investasi $ 270 juta untuk mendirikan anak perusahaan baru bernama FuKang Technology Co Ltd. Kabar ini dinilai pengamat sebagai sebuah langkah untuk mendukung ekspansi perusahaan di Vietnam.

Saat ditanya lebih jauh, Foxconn masih menolak untuk mengomentari kabar ini. Dalam sebuah pernyataannya, Foxconn mengatakan "Sebagai masalah kebijakan perusahaan, dan untuk alasan komersial, kami tidak mengomentari aspek apa pun dari pekerjaan kami untuk pelanggan atau produk mereka,” kata manajemen Foxconn.

Sebelumnya Foxconn juga berencana menghabiskan hingga $ 1 miliar untuk mengembangkan pabrik perakitan iPhone di India atas “permintaan” dari Apple dengan alasan mendiversifikasi produksi di luar Cina.

 

Tags : Apple , Foxconn , Ipad , Macbook

Video Terkait