Kenapa Sih Jaringan 5G Belum Ada di Indonesia

| Rabu, 21/04/2021 19:08 WIB
Kenapa Sih Jaringan 5G Belum Ada di Indonesia Jaringan 5G (foto:istimewa)

 

RADARBANGSA.COM - Pastinya semua orang memimpikan jaringan internet yang lancar untuk menikmati streaming video tanpa hambatan, bermain game tanpa lag ataupun mengunduh aplikasi dengan hitungan detik. Jaringan 5G adalah jaringan yang bisa mewujudkan mimpi tersebut. Namun, sayangnya jaringan 5G belum juga tersedia di Indonesia. 

Berbagai perangkat yang suitable dengan jaringan 5G sudah tersedia di pasaran. Beberapa negara seperti Korea Selatan, Jepang, Australia dan Kuwait sudah bisa menikmati jaringan 5G. Namun, hingga saat ini jaringan 5G masih belum digunakan di Indonesia.  

5G adalah generasi kelima dari standar telekomunikasi seluler yang melebihi standar 4G. Huruf ‘G’ pada 5G adalah singkatan dari generasi. Indonedia sendiri sudah menyiapkan jaringan 5G pada tahun 2015 dengan membentuk lembaga bernama Indonesia 5G Forum. Namun, walaupun sudah hampir enam tahun, hingga saat ini juga belum dinikmati oleh masyarakat Indonesia. Bahkan menurut salah satu operator di Indonesia, jaringan 5G baru bisa dinikmati publik dalam 3-5 tahun mendatang.

Dikutip dari DailySocial, Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI), Kominfo Ismail menjeaskan bahwa terdapat banyak masalah teknis yang perlu dibahas lebih dalam.

Salah satunya adalah pengalokasian spektrum frekuensi radio yang dipakai. Spektrum ini dibagi menjadi tiga lapisan, yaitu lower bandcoverage layer, dan highband. Nah, di sisi lower band ada frekuensi 700 Mhz yang hingga saat ini masih dipakai oleh televisi analog.

Masyarakat Indonesia harus menerima kenyataan jika jaringan 5G di Indonesia belum dapat dinikmati publik secara luas dalam waktu dekat. Aturan-aturan terkait adopsi jaringan 5G pun baru-baru ini masih diperbincangkan. Padahal sudah banyak konsumen yang digiurkan dengan perangkat 5G ready.

 

Tags : 5G , Jaringan

Video Terkait