China Luncurkan Kereta Maglev, Kendaraan Tercepat di Bumi

| Kamis, 22/07/2021 12:36 WIB
China Luncurkan Kereta Maglev, Kendaraan Tercepat di Bumi Kereta Maglev China (foto:Wikipedia)

RADARBANGSA.COM - China baru saja meluncurkan inovasi terbaru mereka dalam bidang transportasi pada Selasa, 20 Juli 2021. Kereta levitasi magnetik (Maglev) terbaru yang mampu melaju hingga kecepatan 600 kilometer per jam.

Kereta maglev diklaim sebagai kendaraan darat tercepat di dunia. Kereta maglev ini akan melakukan debutnya di pesisir Kota Qingdao, Provinsi Shandong.

China Railway Rolling Stock Corporation (CRRC) menjelaskan bahwa kereta baru canggih ini dikembangkan sendiri di China dan menandai pencapaian teknologi canggih di bidang perkeretaapian negeri tirai bambu tersebut.

Perusahaan milik pemerintah China yang mengembangkan kereta tersebut menjelaskan bahwa China sudah menguasai teknologi rekayasa kereta maglev berkecepatan tinggi. Ini termasuk dalam mengintegrasikan beberapa sistem mulai dari produksi, catu daya traksi, rel, pengendalian, hingga komunikasi.

Para teknisi kemudian melengkapinya dengan beragam perangkat pada lima unit gerbongnya agar bisa melaju dengan baik sebagaimana pernyataan CRRC.

"Rangkaian kereta tersebut bisa beroperasi dengan dua hingga 10 unit gerbong, masing-masing gerbong bisa mengangkut 100 penumpang," ucap Ding Sansan selaku kepala teknisi proyek.

Sansan menuturkan bahwa kereta ini memberikan solusi terbaik dalam sistem tranportasi berbasis rel karena memiliki daya jelajah hingga 1.500 kilometer.

"Kereta ini cocok untuk mengatasi kesenjangan dalam hal kecepatan antara pesawat dan kereta cepat," ucap Sansan.

 

Tags : Maglev , China , Kereta

Video Terkait