India Resmi Luncurkan Layanan 5G

| Selasa, 04/10/2022 15:46 WIB
India Resmi Luncurkan Layanan 5G Jaringan 5G (foto:istimewa)

RADARBANGSA.COM - Perdana Menteri India Narendra Modi resmi meluncurkan layanan 5G di New, India.

Dengan diluncurkannya jaringan 5G di India, diharapkan lanskap digital India berupah ke arah progresif. Demikian ungkap PM Modi, dikutip ndtv Selasa 4 Oktober 2022.

"5G dapat melepaskan peluang ekonomi baru dan manfaat sosial, memberikan potensi untuk menjadi kekuatan transformasional bagi masyarakat India. Ini akan membantu negara melompati hambatan tradisional untuk pembangunan, memacu inovasi oleh perusahaan rintisan dan bisnis serta memajukan `Digital Visi India," kata PM Modi.

Adapun Layanan 5G ini akan tersedia di delapan kota mulai Sabtu mendatang.

Para ahli mengatakan teknologi 5G akan sangat menguntungkan India. Diproyeksikan jaringan 5G akan menguntungkan ekonomi India sebesar 36,4 triliun ($455 miliar) antara tahun 2023 dan 2040, demikian dilaporkan dalam laporan badan industri global.

Sebelumnya Menteri Persatuan Komunikasi, Elektronik & Teknologi Informasi Ashwini Vaishnaw menargetkan cakupan 5G hingga 80 persen di seluruh wilayah negara.

“Perjalanan 5G akan sangat menarik dan mencatat bahwa banyak negara membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai cakupan 40 hingga 50 persen. Namun kami menargetkan garis waktu yang sangat agresif dan Pemerintah telah memberikan target cakupan 80 persen dalam jangka waktu singkat,” kata dia.

Tags : India , New Delhi , 5G