Minat Pasar Berubah, Pengiriman Tablet Turun 14%

| Kamis, 10/11/2022 17:59 WIB
Minat Pasar Berubah, Pengiriman Tablet Turun 14% Tablet juga bisa berfungsi untuh hiburan game (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pengiriman perangkat tablet dilaporkan turun pada kuartal III 2022.

Lembaga riset Canalys mencatat total pengiriman turun menjadi 105,6 juta unit, atau turun 14% dari Kuartal I 2021 dan peningkatan berurutan hanya 1% dari Kuartal II 2022.

Analis Canalys Himani Mukka mengatakan aktivitas masyarakat yang berada di luar rumah membuat kebutuhan terhadap tablet mulai berkurang.

“Dengan pendidikan tatap muka sebagian besar dilanjutkan dan orang-orang menghabiskan lebih sedikit waktu di dalam ruangan," kata Himani dalam keterangan tertulisnya Kamis 10 November 2022.

Faktor kedua yang memicu penurunan tablet adalah kondisi makroekonomi yang mulai memburuk. Tekanan inflasi dan pengurangan belanja konsumen menuntut pengurangan belanja di sektor kebutuhan sekunder.

“Pengurangan kebutuhan tablet di dunia pascapandemi telah diperburuk oleh peningkatan tekanan makroekonomi pada belanja konsumen. Pengeluaran untuk menyegarkan atau meningkatkan tablet anjlok karena anggaran rumah tangga berkurang,” Sambung Himani Mukka. 

Dia menilai pasar tablet tidak mungkin lagi mencapai level tertinggi seperti yang dinikmati pada tahun 2020 dan 2021 lalu. Aktivitas masyarakat mulai berubah dan minat memperbarui tablet juga telah menurun. 

"Ditambah dengan pemain baru yang memasuki pasar, terutama di ruang Android kelas rendah hingga menengah di Asia, wilayah yang akan menawarkan peluang pertumbuhan di seluruh segmen pengguna akhir di tahun-tahun mendatang," tandas dia.

Tags : pengiriman tablet , permintaan laptop

Video Terkait