AS Suntik Mati Jaringan 3G

| Rabu, 04/01/2023 15:56 WIB
AS Suntik Mati Jaringan 3G Internet dan Perkembangannya (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Amerika Serikat (AS) memblokir jaringan 3G secara bertahap hingga batas akhirnya awal tahun 2023 ini.

Salah satu operator internet AS, Verizon menjadi yang terakhir memutus jaringan pelanggannya yang masih menggunakan teknologi tersebut.

"Kami memutus kemampuan ponsel mereka untuk menggunakan data, melakukan panggilan, dan mengirim teks," demikian sebagaimana dikutip The Verge, Rabu 4 Januari 2023. 

Sebelumnya Pelanggan Verizon dengan perangkat 3G telah mendapatkan banyak peringatan, yaitu jaringan akan dinyatakan offline pada 2019, tetapi dengan penundaan demi penundaan, tanggal tersebut perlahan-lahan diundur ke 31 Desember 2022.

Sementara itu, di negara lain jaringan 3G akan tetap ada, tenggat waktu Verizon telah berakhir di AS. Salah satu alasan operator menonaktifkan jaringan mereka adalah untuk membantu membangun jaringan baru 5G.

Ponsel 3G pertama mulai muncul pada awal tahun 2000-an, dibarengi dengan munculnya smartphone. Namun kini 3G akan segera dinyatakan hilang dari jaringan teknologi. 

Tags : 3G , Jaringan 3G

Video Terkait