Youtube Shorts Bisa Dimonetisasi Mulai Februari Mendatang!

| Senin, 16/01/2023 14:47 WIB
Youtube Shorts Bisa Dimonetisasi Mulai Februari Mendatang! Youtube Shorts (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kabar baik untuk Para Content Creator! Youtube menepati janjinya akan memonetisasi Youtube Shorts mulai  1 Februari 2023 mendatang.

"Mulai 1 Februari 2023, kreator yang tergabung dalam Program Partner YouTube (YPP) dapat mulai memonetisasi penayangan Shorts mereka dengan pembagian keuntungan iklan Shorts," kata Youtube dalam laman Support Youtube, diakses Senin 16 Januari 2023. 

Perusahaan mengatakan  pembayarannya akan dilakukan pada Mulai Maret. 2023. YouTube memberikan beberapa detail soal skema bagi hasil dari iklan di YouTube Shorts. Nantinya, iklan akan muncul di antara video YouTube Shorts di Shorts Feed.

Jadi, iklan tidak muncul di dalam video Shorts kamu yang berdurasi maksimal 15-60 detik. Setiap bulan, pendapatan dari iklan yang muncul di antara video Shorts milik kreator yang memenuhi syarat monetisasi di suatu wilayah akan diakumulasi dan dikumpulkan terlebih dahulu, sebelum didistribusikan ke kreator.

Adapun pendapatan dari iklan ini harus dipotong untuk biaya lisensi musik (bila Shorts menggunakan music) terlebih dahulu. Selanjutnya, kreator mendapatkan 45 persen dari pendapatan, yang didistribusikan berdasarkan bagian mereka dari total penayangan Shorts miliknya.
 

Tags : youtube shorts , monetisasi

Video Terkait