Kominfo Ungkap Sinyal 5G Sudah tersebar di 366 Titik

| Rabu, 06/12/2023 21:50 WIB
Kominfo Ungkap Sinyal 5G Sudah tersebar di 366 Titik Layanan 5G (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan bahwa jaringan 5G di Indonesia akan terus mengalami perkembangan di masa mendatang. Ia menyebut, Indonesia termasuk tujuh negara di Asia Tenggara yang telah meluncurkan 5G.

"Saat ini Indonesia menjadi salah satu dari tujuh negara di kawasan Asia Tenggara dan Oseania yang telah meluncurkan 5G secara komersial," ujar Direktur Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Kominfo, Wayan Toni Supriyanto dikutip dari detik.com, Rabu, 6 Desember 2023.

Sejauh ini, terang Wayan, baru Telkomsel dan Indosat yang sudah menyediakan paket khusus 5G, sedangkan lainnya menunggu ekosistem terbentuk dan seleksi frekuensi sebagai daya tambahan untuk menggelar 5G.

"Menurut data yang ada di Direktorat Pengendalian Pos dan Informatika, tercatat sebanyak 366 site 5G telah digelar di 46 kabupaten kota. Tentu saja, angka ini akan ni akan terus berkembang seiring waktu, mulai dari kota Banda Aceh, kota Denpasar, kota Semarang, sampai ke kota Manado. Saat ini telah terlayani 5G pada spot-spot tertentu," tuturnya.

Berikut daerah yang sudah tersedia layanan 5G berdasarkan data per 30 Oktober 2023:
- Kota Banda Aceh
- Kota Denpasar
- Kota Tangerang Selatan
- Kota Yogyakarta
- Kota Administrasi Jakarta Pusat
- Kota Administrasi Jakarta Timur
- Bandung
- Bekasi
- Kota Bandung
- Kota Cimahi
- Sumedang
- Kota Semarang
- Magelang
- Sidorjo
- Kota Samarinda
- Kota Batam
- Lombok Barat
- Kota Pekanbaru
- Kota Makassar
- Kota Manado
- Kota Palembang
- Tapanuli Utara

"Hal ini melebihi ekspektasi Kementerian Komunikasi Informasi yang mentargetkan implementasi 5G pada 11 lokus prioritas pada tahun 2023," ucap Wayan.

Tags : Kominfo , 5G , Jaringan , Indonesia