Menkominfo Klaim BTS 4G Bantu Layanan Pendidikan dan Kegiatan Masyarakat di Daerah 3T

| Selasa, 02/01/2024 07:05 WIB
Menkominfo Klaim BTS 4G Bantu Layanan Pendidikan dan Kegiatan Masyarakat di Daerah 3T Tower BTS BAKTI. (Foto: Kementerian Kominfo)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah membangun Base Transceiver Station (BTS) 4G dan menyediakan akses layanan internet untuk mempercepat transformasi digital nasional. Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kominfo juga menyediakan akses internet untuk memfasilitasi kebutuhan layanan pendidikan, proses belajar mengajar (PBM), dan kegiatan masyarakat daerah Tertinggal, Terdepan, dan Terluar (3T). 

"BAKTI Kementerian Kominfo telah menyediakan 14.418 titik akses internet yang digunakan untuk layanan publik per 8 Desember 2023. Sebanyak 6.062 titik lokasi di antaranya digunakan untuk layanan pendidikan dengan menggunakan teknologi serat fiber, radio link, VSAT, dan WiFi," kata Menkominfo Budi Arie Setiadi dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Selasa, 2 Januari 2024.

Budi menjelaskan tiga lapisan jaringan yang telah dibangun untuk memberikan layanan akses telekomunikasi dan internet kepada masyarakat ini di antaranya, yaitu Jaringan Backbone Nasional, Jaringan Middle Mile (Backhaul), dan Jaringan Last Mile. 

"Ada Infrastruktur serat optik Palapa Ring, satelit atau microwave link hingga jaringan last mile yang menghubungkan langsung ke masyarakat pengguna berupa BTS 4G dan akses internet (WiFi)," tuturnya.

Menurut Budi, pembangunan BTS di 1.682 lokasi daerah 3T menggunakan kontribusi Universal Service Obligation (USO), sedangkan penyediaan BTS 4G di 5.618 lokasi menggunakan bauran pembiayaan APBN.

"Kapasitas bandwidth per lokasi berbeda-beda karena mayoritas lokasi pembangunan belum terkoneksi fiber optik sehingga menggunakan teknologi satelit," ungkapnya.

Sebagai informasi seperti dikutip dari detikinet, dari total target 7.300 lokasi penyediaan sinyal BTS 4G, per tanggal 10 Desember 2023, 6.025 lokasi telah on air. Adapun BAKTI Kementerian Kominfo menargetkan per 31 Desember 2023 akan ada penambahan lokasi on air sebanyak 645 lokasi baru.

Namun, dari 645 lokasi, 123 lokasi di antaranya tergantung pada kondisi keamanan dan ketersediaan spare parts, sehingga target lokasi on air 2023 adalah 6.547 lokasi.

Tags : Kemenkominfo RI , BTS , Internet , Daerah 3T , Indonesia

Video Terkait