Ya`ahowu Nias Festival Diikuti 600 Penari Tari Kolosal

| Kamis, 25/10/2018 23:35 WIB
Ya`ahowu Nias Festival Diikuti 600 Penari Tari Kolosal Penampilan para penari kolosal tari perang suku Nias. (Foto: tourpulauniascoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ya`ahowu Nias Festival siap digelar pada 16-20 November 2018 mendatang. Event ini akan menjadi bagian dari strategi untuk mendatangkan jutaan wisatawan nusantara (wisman) maupun mancanegara ke Pulau Nias hingga 2024 mendatang.

"Karena itu, momen Ya`ahowu Nias Festival ini tidak kami sia-siakan. Panitia dan semua pemangku kepentingan bahu-membahu untuk menyukseskan acara tahunan ini," kata Bupati Nias Selatan, Hilarius Duha dalam keterangan tertulis, Kamis, 25 Oktober 2018.

Ia memaparkan, Ya`ahowu Nias Festival itu mengutamakan kebudayaan yang menjadi identitas masyarakat Pulau Nias. Karena itu, lanjutnya, acara ini merupakan milik seluruh masyarakat Nias.

"Seluruh ono niha (masyarakat Nias) di mana pun adalah tuan rumah. Terutama yang tinggal di daratan Pulau Nias dan pulau-pulau lainnya. Ayo sisihkan waktu untuk datang dan lihat betapa agungnya dan kayanya kebudayaan warisan leluhur kita orang Nias," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia acara YNF 2018 yang juga menjabat wakil Bupati Nias Sozanolo Ndruru mengatakan bahwa rangkaian festival kebudayaan bisa disaksikan di Lapangan Orurusa, Teluk Dalam, Nias Selatan. Ia menyampaikan, acara pembukaan nanti panitia akan menampilkan 100 pelompat batu yang melompat secara simultan dengan berbagai atraksi dan gaya. Selain itu ada pula tari perang kolosal dengan 600 penari yang siap menghibur pengunjung.

"Kami menjanjikan yang terbaik dan tentu berbeda dengan sebelum-sebelumnya. Acara ini akan meneguhkan bahwa Nias tak kalah indah dari Bali, Lombok, dan tempat tujuan wisata lainnya di Indonesia. beberapa mata acara kami laksanakan di Pantai Sorake dan Desa Bawomataluo," ujarnya. 

Tags : Yaahowu Nias Festival 2018 , Pulau Nias , Tari Perang , Wisata Nias , Indonesia

Berita Terkait