Ingin Berkunjung ke Candi Prambanan dan Ratu Boko Dalam Waktu Dekat? Perhatikan Protokol Ini

| Kamis, 02/07/2020 14:24 WIB
Ingin Berkunjung ke Candi Prambanan dan Ratu Boko Dalam Waktu Dekat? Perhatikan Protokol Ini Wisata Candi Prambanan (Doc: Istimewa)

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - PT Taman Wisata Candi (TWC) sebaga pengelola Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko menerapkan protokol kesehatan ketat bagi wisatawan Taman Wisata Candi (TWC) Prambanan dan Ratu Boko dalam rangka uji coba.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (Persero), Edy Setijono dalam keterangannya, mengatakan uji coba ini sebagai tindak lanjut dari uji coba yang sebelumnya telah dilakukan di Candi Borobudur.

"Protokol kesehatan bagi wisatawan sebagai upaya pencegahan penyebaran COVID-19 dan uji coba pembukaan operasional dilakukan setelah keluar izin dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY)," kata Edy Setijono dalam keterangan resminya, Kamis 2 Juli 2020.

Aturan mengenai Protokol kesehatan ini diantaranya adalah physical distancing dengan imbauan untuk selalu menggunakan masker dan cuci tangan bagi para pengunjung. Selain itu, calon pengunjung dihimbau membeli tiket secara online melalui situs ticket.borobudurpark.com.

Sementara itu, jika pengunjung memutuskan untuk membeli tiket di loket maka pembelian tiket hanya dibatasi 70 persen.

"Tujuannya untuk mengurai antrean di loket. Langkah ini sesuai dengan anjuran pemerintah terkait dengan social/physical distancing bagi tiap wisatawan yang berkunjung di destinasi yang dikelola PT TWC," katanya.

Selain itu, PT TWC juga memberlakukan pembatasan jumlah pengunjung maksimal hingga 25 persen atau 1.500 pengunjung setiap harinya. PT TWC juga membatasi area kunjungan wisatawan di komplek Candi Prambanan. Wisatawan tidak diperbolehkan untuk naik ke atas Candi Prambanan dan menikmati keindahan candi dari pelataran zona 1

Terakhir, PT TWC membatasi jam operasional TWC Prambanan dan Ratu Boko. Untuk TWC Prambanan dibuka dari pukul 08.00–16.00 WIB, sedangkan Ratu Boko beroperasi dari pukul 10.00–18.00 WIB.

"Pelaksanaan uji coba ini akan dimonitor oleh tim dari pemerintah daerah," kata Edy.

Tags : Prambanan , Ratu Boko

Berita Terkait