Inggris Akan Saingi Polandia, Bangun Kolam Renang Terdalam dan Terbesar di Dunia

| Rabu, 09/06/2021 17:14 WIB
Inggris Akan Saingi Polandia, Bangun Kolam Renang Terdalam dan Terbesar di Dunia Kolam Renang Terbesar Di Dunia, Inggris (sumber: Blueabyss.uk)

RADARBANGSA.COM - Setelah sebelumnya Polandia memiliki kolam renang terbesar di dunia, kini Inggris merencanakan pembangunan kolam renang terdalam dan terbesar di dunia bernama Blue Abyss. Lokasi tepatnya terdapat di Cornwall, Inggris barat daya.

Blue Abyss diunggulkan sebagai kolam renang yang  mengalahkan Deepspot di Mszczonow, Polandia. Deepspot memiliki kedalaman 45,5 meter dan nantinya Blue Abyss akan memiliki kedalaman 50 meter.

Proyek ini akan didukung oleh astronaut Inggris, Tim Peake. Jika sudah beroperasi, kolam renang ini dapat digunakan untuk uji coba teknologi bawah air terkini, termasuk robot laut dan kapal selam mini.

Kolam renang ini juga dapat dipakai untuk melatih astronaut, penyelam laut dalam serta untuk berbagai simulasi bawah air.

John Vickers, Kepala Eksekutif Blue Abyss yang mengerjakan proyek itu mengatakan, keberadaan kolam renang itu akan menjadi aset besar bagi penelitian ruang angkasa, eksplorasi lepas pantai, robot bawah air, militer dan industri kelautan.

Disebutkan bahwa panjang kolam renang Blue Abyss mencapai 50 meter, lebar 40 meter dengan kedalaman hingga 50 meter. Diperlukan volume air sebanyak 42 juta liter air atau setara dengan volume air 17 kolam renang standar olimpiade atau bahkan 168 juta cangkir teh. 

Kolam renang  Blue Abyss akan dirancang oleh seorang arsitek Inggris terkenal, Robin Partington. Ia merupakan pemimpin dari tim desain salah satu bangunan paling terkenal di London yaitu The Gherkin.

Robin merencanakan kolam renang ini akan dibangun dengan sistem atap geser yang cukup besar, sehingga akan mampu menurunkan benda-benda besar untuk penelitian.

Kemudian akan ada sistem goa bawah air agar dapat menguji kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh. Bahkan set film akan dirancang juga di bawah air di kolam itu.

Selain itu, salinitas, arus, pencahayaan, dan suhu kolam juga sangat diperhatikan sehingga akan dikontrol pada tingkat berbeda untuk mensimulasikan berbagai kondisi bawah air.

 

Tags : Kolam Renang , Terbesar , Terdalam , Blue Abyss

Berita Terkait