Desa Wisata Nyarai di Padang Pariaman, Sejuk dan Indah

| Senin, 03/04/2023 19:10 WIB
Desa Wisata Nyarai di Padang Pariaman, Sejuk dan Indah Wisata Nyarai di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. (Foto: Turisiancom)

RADARBANGSA.COM - Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat memiliki desa wisata yang menawarkan kecantikan alam. Udaranya sejuk dan pemandangan hijau sangat cocok untuk turis healing.

Desa Wisata Salibutan Lubuk Alung atau lebih dikenal sebagai Desa Wisata Nyarai terletak di Nagari Salibutan, Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung. Desa ini berdiri di kaki Bukit Barisan yang merupakan lokasi hutan lindung.

Posisinya di dataran tinggi, membuat desa ini dianugerahi pemandangan alam yang menawan. Untuk mencapainya pun tak sulit. Hanya perlu menempuh perjalanan darat sejauh 21 kilometer atau sekitar 40 menit dari Bandara Minangkabau.

Desa Wisata Nyarai memiliki daya tarik berupa Air Terjun Nyarai yang berada di kawasan Ekowisata Nyarai. Air terjun ini terbilang unik karena memiliki kolam alami yang disebut lubuk.

Secara geologi, lubuk ini terbentuk akibat fenomena breksi, yakni pusaran air yang menggerus dinding kolam. Proses ini lama-kelamaan membuat kolam terus membesar.

Selain Air Terjun Nyarai, daya tarik lainnya adalah Hutan Gamaran, Air Terjun Belek, Pemandian Lubuk Napa dan Lubuak Larangan. Untuk diketahui, Lubuak Larangan ini merupakan salah satu konservasi ikan dari masyarakat Minangkabau secara turun-temurun.

Desa Wisata Nyarai juga menyediakan fasilitas bird watching atau pemantauan burung endemik dan satwa liar endemik. Di sana traveler dapat menemukan burung endemik Sumatera Barat yang terancam punah yakni kuau rajo, monyet ekor merah atau simpai, malay tapir atau dalam bahasa lokal disebut cipan, ular king koros atau ular tikus raja, rangkong, dan burung anggang.

Tak hanya fauna, flora di Desa Wisata Nyarai juga beragam. Hutan yang asri membuat tumbuhan amomium, barangan, oak dan keladi amozona hidup di sana.

Tags : Desa Wisata , Nyarai , Padang Pariaman