Kiai Ma`ruf: Saya Orang Banten Pertama jadi Wapres

| Jum'at, 28/06/2019 22:52 WIB
Kiai Ma`ruf: Saya Orang Banten Pertama jadi Wapres KH Maruf Amin. (dok istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden terpilih KH Ma`ruf Amin meminta doa dan restu kepada kiai, santri hingga masyarakat di Banten untuk mengemban tugas sebagai wapres RI. Kiai Ma`ruf menyebut dirinya merupakan orang Banten pertama yang menjadi Wapres RI.

"Saya sudah ditetapkan sebagai Wakil Presiden Indonesia mendampingi Pak Jokowi. Orang Banten pertama yang jadi wakil presiden," kata Kiai Ma`ruf saat menghadiri acara haul Syekh Nawawi al-Bantani di Serang, Banten, Jumat, 28 Juni 2019 malam.

Mustasyar PBNU itu mengakui bahwa dirinya dilahirkan sebagai santri. Dia pun berharap agar bukan hanya dirinya saja yang bisa menjadi wapres kelak, khususnya dari kalangan santri di Banten.

"Santri bisa jadi apa saja. Saya mohon doa kepada kiai, santri, dan masyarakat supaya bisa mengemban tugas melaksanakan tanggung jawab menjalankan kebaikan, kemajuan, dan kesejahteraan bangsa Indonesia," ucapnya.

Kiai Ma`ruf mengungkapkan, sebagai santri dan kiai, dirinya tidak hanya mengemban tanggung jawab keagamaan yang selama ini diembannya saat menjadi Rais `Aam PBNU dan Ketua MUI. Tapi sekarang ia menjabat sebagai wakil presiden yang mengemban tanggung jawab kenegaraan.

"Beban di pundak saya jadi dua. Menjadi tambah tugasnya. Selain tanggung jawab ulama, saya sekarang menanggung jawab umaro (pemimpin). Mudah-mudahan bisa mengikuti jejak leluhur, termasuk Maulana Hassanudin," pungkasnya.

Tags : Maruf Amin , Wapres , Banten