Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Bisa Bersaing di Piala Asia U-23 2024

| Rabu, 13/09/2023 22:30 WIB
Shin Tae-yong Sebut Timnas Indonesia Bisa Bersaing di Piala Asia U-23 2024 Shin Tae-yong (Pelatih Timnas Indonesia). (Foto: PSSI)

RADARBANGSA.COM - Pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia U-23, Shin Tae-yong mengatakan timnya bisa bersaing di putaran final Piala Asia U-23 2024 di Qatar, 15 April sampai 3 Mei 2024 mendatang. Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke putaran final pertama kali dalam sejarah.

"Saya berani bicara, kita cukup bisa bersaing di Piala Asia (U-23) nanti," ujarnya dikutip dari antaranews, Rabu, 13 September 2023.

Akan tetapi, ungkapnya, keyakinan itu dengan sebuah catatan, yakni pemain-pemain Indonesia yang memperkuat klub luar negeri, Elkan Baggot (Ipswich Town), Ivar Jenner (Jong FC Utrecht), Rafael Struick (ADO Den Haag), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy) mendapatkan izin dari klub-klubnya untuk membela Garuda Muda pada periode tersebut.

"Masalahnya hanya seperti Ivar, Rafael, Elkan atau Arhan, pemain abroad apakah bisa dilepas klub atau tidak? Itu yang sangat penting di April tahun depan nanti. Jika bisa dipanggil semuanya, saya berani dan yakin menerima tantangan agar tampil lebih baik lagi," tegasnya.

Kemenangan dan lolosnya Timnas Indonesia U-23 ke Piala Asia U-23 2024 menjadi catatan tersendiri bagi Shin. Pasalnya, sejak melatih timnas tiga tahun yang lalu, pelatih berusia 52 tahun itu juga menorehkan catatan positif lainnya, seperti sebelumnya membawa dua level timnas ke Asia, tepatnya membawa timnas senior ke Piala Asia 2023 dan membawa timnas U-20 ke Piala Asia U-20 2023.

Torehannya itu yang membawa tiga level timnas lolos ke turnamen Asia melalui jalur kualifikasi dan tanpa jalur tuan rumah, menurutnya adalah bukti bahwa sepak bola Indonesia telah berkembang lebih baik.

"Pasti mereka bisa merasakan jika datang ke lapangan langsung berkembang (Timnas Indonesia) sejauh apa. Sekarang sudah berkembang dan untuk ke depannya akan lebih berkembang lagi pastinya," tandasnya.

Tags : Piala Asia U-23 , Indonesia , Shin Tae-yong