Mendes Bicara Potensi Kopi Nusantara di Seminar `Gatra Bicara`

| Rabu, 09/05/2018 15:27 WIB
Mendes Bicara Potensi Kopi Nusantara di Seminar `Gatra Bicara` Menteri Eko menjadi pembicara dalam seminar tentang kopi nusantara di Jakarta (foto: kemendes)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengungkapkan bahwa industri atau bisnis yang berhubungan dengan lifestyle sekarang sedang digandrungi oleh masyarakat terutama kopi.

Menurut Menteri Eko, Indonesia merupakan negara penghasil kopi nomor 4 dunia. Untuk itu pemerintah kabupaten/kota penghasil kopi agar terus fokus menjadi Program Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades).

"Kabupaten yang potensial kopi saya minta agar fokus,” pinta Menteri Eko saat menjadi pembicara dalam acara "Gatra Bicara" dengan tema Potensi Kopi Nusantara di Upnormal Coffee Roasters, Jakarta, Selasa 8 Mei 2018.

Eko menjelaskan bahwa pada tahun 2016 ia melakukan roadshow ke 44 kabupaten untuk mengikuti program Prukades tersebut, dan yang ikut hanya 22 kabupaten. Tapi mereka berhasil. "Tahun ini saya buka lagi pendaftaran untuk ikut program tersebut, yang daftar ada 168 kabupaten," katanya.

"Setelah diseleksi kita luluskan 128 kabupaten, kita link-kan dengan 68 perusahaan menengah dan besar, membentuk 240 kesepakatan dengan investasi Rp47 Triliun. Salah satunya adalah kopi," jelasnya.

Politisi PKB ini mengaku optimis tujuh tahun ke depan segala yang ada di kota besar juga akan ada di desa. Kopi mahal di kota-kota tujuh tahun ke depan juga akan muncul di desa.

 

 

 

 

 

Tags : Kopi , Prukades ,

Berita Terkait