Gaet Turis Asing, Majalengka Potensial Kembangkan Ekowisata

| Rabu, 30/05/2018 17:46 WIB
Gaet Turis Asing, Majalengka Potensial Kembangkan Ekowisata Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, di sela Kemah Bakti Pertanian 2017, Desa Patampanua,Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan.

MAJALENGKA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo mengungkapkan ekowisata desa di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar) berpotensi tarik perhatian turis asing. Hal ini setelah dibukanya Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati beberapa waktu lalu oleh Presiden Joko Widodo.

"Kita sedang petakan ecotourism-nya mau seperti apa, nanti kita buka direct flight (penerbangan langsung) ke negara yang menyukai ecotourism," kata Mendes Eko Putri Sandjojo di Majalengka, Rabu 30 Mei 2018.

Untuk itu, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu meminta kepada Bupati Majalengka untuk ikut mengembangkan program produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades), seperti produk pertanian seperti jagung, cabe, dan sayur-sayuran.

"Selama ini jagung dikeringkan ke Balaraja, Cikupa, Cirebon, dan Jawa Tengah. Itu ongkosnya sangat mahal karena sebagian besar bawa air. Kalau ikut Prukades, kita bisa pasang drier," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Majalengka Sutrisno sepakat untuk mengembangkan desa wisata, "Supaya inovasi kreativitas masyarakat terpenuhi adalah membangun pusat pasar. Dengan adanya pusat wisata, orang akan banyak datang. Nanti orang akan minta homestay, transportasi, dan lain-lain," tanggapnya. 

Tags : Prukades , Majalengka , Bandara Kertajati

Berita Terkait