Menhub Tak Paksakan Bandara Kulon Progo Operasi Tahun 2019

| Sabtu, 30/06/2018 15:19 WIB
Menhub Tak Paksakan Bandara Kulon Progo Operasi Tahun 2019 Budi Karya Sumadi (Menteri Perhubungan RI).

YOGYAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kulon Progo mungkin molor dari target awal. Pemerintah juga tidak memaksakan bandara baru di Yogyakarta tersebut harus beroperasi April 2019.

"Kalau mengenai target saya pikir kita tidak boleh memaksakan, tetap 2019 tapi mungkin akhir (2019) atau 2020," kata Menhub kepada wartawan di MM FEB UGM Yogyakarta, Sabtu, 30 Juni 2018.

Menurut Budi, pembangunan bandara baru di Yogyakarta sangatlah penting. Karena itu, pemerintah tidak tergesa-gesa dalam membangun bandara tersebut.

"Kita tidak bisa memaksakan dalam suatu kondisi tertentu. Ini kan (Bandara Kulon Progo) akan dipakai puluhan tahun, jadi kita juga harus realistis dengan kondisi yang ada," ujarnya.

Budi juga mengakui bahwa dalam pembangunan NYIA di Kulon Progo banyak kendala yang dihadapi. Selain persoalan pembebasan lahan, konsep bandara baru hingga kini juga masih disempurnakan.

"Koordinasi mengenai kereta api dan segala macam. Kereta api akan dibangun, sekarang lagi dalam proses desain. Kereta api nanti dari Yogyakarta langsung ke air port (di Kulon Progo)," ucapnya.

Budi menuturkan, pembangunan bandara baru tinggal menunggu finalisasi. Sementara kontraktor juga telah ditunjuk oleh AP I.

"Mungkin dalam Bulan Juli, atau paling lambat Bulan Agustus ini mulai (pembangunan bandara)," pungkasnya.

Tags : Menteri Perhubungan RI , Bandara Kulon Progo , Yogyakarta

Berita Terkait