46.674 hektare Jagung di Gunung Kidul siap Panen

| Rabu, 06/02/2019 15:21 WIB
46.674 hektare Jagung di Gunung Kidul siap Panen Petani Jagung siap panen (doc. istimewa)

GUNUNG KIDUL, RADARBANGSA.COM- Kepala Bidang Tanaman Pangan, Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Gunung Kidul, D.I. Yogyakarta, Raharjo Yowono mengatakan para petani jagung sudah memasuki masa panen, Rabu, 6 Februari 2019.

Raharjo Yowono menjelaskan bahwa pada tahun 2019 di Gubung Kidul lahan pertanian jagung mencapai 46.674 hektare. dan masa panen kali ini, diperkirakan rata-rata produksi mencapai 4,6- 4,9 ton per hektare pipil kering.

"Semua wilayah terbagai dalam zona utara, selatan, timur dan barat pada Februari ini akan panen jagung," ungkapnya.

Didukung ole curah hujan yang bagus, produksi petani jagung mengalami kenaikan. "Beberapa waktu lalu, kami memlihat lahan jagung sangat bagus, di kecamtan Paliyan, di sana hasilnya cukup baik. mereka menem jagung jenis hybrida," kata Raharjo.

Untuk musim panen ini, kata Raharjo harjual berkisaran pada angka Rp. 3.500 perkilogram. "Jagung Jenis Hybrida tingkat produksi sangat tingga dan disukai oleh pentani," ujarnya.

Harga Rp. 3.500 per kilogram petani sudah mendapat keuntungan besar, itu sudah dihitung dari biaya pembelian benih, pupuk, hingga upah tenaga.

Tags : Petani Jagung , Gunung Kidul

Berita Terkait