Said Aqil, Ma`ruf Amin dan Cak Imin Kompak Apresiasi Pomdes

| Jum'at, 01/03/2019 21:09 WIB
Said Aqil, Ma`ruf Amin dan Cak Imin Kompak Apresiasi Pomdes Wakil Ketua MPR RI Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin) mengunjungi stand Pomdes di NU Expo, Taman Kota, Kota Banjar, Ciamis, Jawa Barat, Rabu (27/2). (Foto: radarbangsa/bambang)

KOTA BANJAR, RADARBANGSA.COM - Penghelatan Munas dan Konbes NU di Kota Banjar, Jawa Barat juga dimeriahkan dengan gelaran NU Expo di Taman Kota Lapangan Bhakti, Kota Banjar. NU Expo merupakan event pameran produk-produk UKM warga NU.

Usai pembukaan Munas pada Rabu, 27 Februari 2019 lalu, sejumlah pimpinan PBNU mengunjungi lokasi NU Expo. Tampak hadir Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siradj yang didampingi sejumlah pengurus PBNU. Saat berkunjung ke stand Pomdes (Pos BBM Desa), Kiai Said mengapresiasi program Pomdes tersebut.

"NU akan terus berjuang agar ada peluang tambahan penghasilan bagi umat. Di sinilah pentingnya sinergi antara pelaku usaha, pemerintah dan umat. Saling berbagi kesempatan supaya sama-sama maju. Program pomdes semacam ini adalah hasil sinergi itu," kata Kiai Said di stand Pomdes NU Expo, Rabu, 27 Februari 2019 malam.

Selain Kiai Said, turut hadir Wakil Ketua MPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, yang juga berkesempatan menandatangani plakat Soft Launching Program Pomdes. Setelah serius menyimak penjelasan pihak penyelenggara, Cak Imin menyampaikan apresiasinya atas program ini.

"Saya sebagai Pimpinan MPR dan warga NU tentu senang dengan program ini. Bisa nambah penghasilan warga, bisa bantu program ketahanan energi pemerintah, bisa sediakan bensin sampai ke desa-desa. Apalagi tanpa modal karena dibiayai KUR 7%, mesin disiapkan perusahaan, ini sangat memudahkan. Tinggal manajemen dan pengawasannya ditata agar tetap kredibel dan menguntungkan. Insya Allah dunia dapat, akhirat lancar karena sudah bantu orang banyak," ujar Cak Imin.

Pihak penyelenggara menjelaskan bahwa mekanisme pengawasan dan pengecekan nanti akan dilakukan secara digital. Menggunakan metode PPOB atau Payment Point Online Bank, maka pembayaran dapat dipusatkan di satu tempat, layaknya Bank. Untuk equipment-nya, tiap pemilik Pomdes akan dibagikan satu persatu.

Stand Pomdes ini semakin semarak dengan kehadiran KH Ma`ruf Amin pukul 20.30 WIB. Seperti Cak Imin, mantan ketua umum MUI ini juga menandatangani plakat Soft Launching Pomdes ini.

"Warga NU harus diberdayakan ekonominya. Umumnya kan menengah ke bawah. Berikan mereka peluang-peluang usaha yang sederhana namun menguntungkan dan berkelanjutan. Contohnya ya Pomdes ini. Kalau ditata yang baik, saya yakin akan cepat berkembang di kalangan umat di bawah. Ayolah kita ciptakan wirausahawan baru dari desa," kata Kiai Ma`ruf sambil menandatangani plakat di atas display tangki bensin ukuran 600 liter.

Program Pomdes adalah sebuah inisiatif Ekonomi ekosistem berbasis Desa. Warga Desa diberi peluang usaha dengan fasilitas Kredit Usaha untuk menjadi retailer BBM, Elpiji, Pulsa, Sembako dan e-commerce untuk memasarkan Produk Unggulan Desa.

Pomdes adalah inisiatif dari PT Octa Citra Rajawali yang didukung oleh Bank Jawa Barat (BJB), PT. Jabar Energi dan Himpunan Pengusaha Nadhliyin (HPN). 

Tags : Pomdes , KH Said Aqil Siradj , Maruf Amin , Cak Imin

Berita Terkait