PKB Dorong Pemerintah Lebih Serius Kembangkan Sektor UMKM

| Rabu, 16/10/2019 19:37 WIB
PKB Dorong Pemerintah Lebih Serius Kembangkan Sektor UMKM Ketua DPP PKB bidang perdagangan dan perindustrian, Lukmanul Khakim (dok. pribadi)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bidang perdagangan dan perindustrian Lukmanul Khakim mendorong pemerintah untuk lebih serius mengembangkan sektor UMKM di tengah gempuran ekonomi global.

“Saya pikir ke depan pemerintah harus lebih ekstra memperkuat pondasi UMKM, karena disitulah denyut nadi ekonomi rakyat indonesia yang sesungguhnya”, kata Lukman melalui keterangan tertulis, Rabu 16 Oktober 2019..

Menurut Lukman, jika UMKM berkembang pesat, maka peradaban ekonomi Indonesia akan lebih baik. Sebaliknya jika UMKM tak berkembang, otomatis ekonomi Indonesia akan ikut lesu.

“Kalau UMKM berkembang saya optimis kesejahteraan rakyat meningkat, dan otomatis akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional,” terang dia.

Dia menambahkan, peluang UMKM untuk bersinar di pasar global adalah melalui barang-barang kerajinan atau buatan tangan yang memiliki kekuatan dan ciri khas. Caranya, kata Lukman, adalah dengan memperkuat SDM dan jeli melihat peluang pasar.

“Kita tahu UMKM di Indonesia sudah menjadi ciri khas. Penguatan UMKM ini akan menjadi salah satu instrumen penyangga ekonomi Nasional,” Kata Lukman.

Dikatakan lukman, majunya peradaban ekonomi melalui UMKM juga harus dibarengi dengan kemampuan untuk export.

“Karena banyak sekali produksi dari hasil UMKM yang menjadi kebutuhan global bukan hanya untuk konsumsi indonesia saja,” tegasnya.

Tags : PKB , UMKM , Lukmanul Khakim