Jokowi Minta Investasi Industri Substitusi Impor Dibuka Lebar

| Rabu, 11/12/2019 19:38 WIB
Jokowi Minta Investasi Industri Substitusi Impor Dibuka Lebar Presiden Joko Widodo (Jokowi) pimpin rapat terbatas dengan Menteri Perekonomian di Kantor Presiden, Rabu (30/10). (Foto: twitter @setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin Rapat Terbatas (Ratas) tentang Akselerasi Implementasi Program Perindustrian dan Perdagangan, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu 11 Desember 2019.

Dalam pengantarnya, Presiden Jokowi meminta investasi di bidang industri substitusi impor dibuka lebar mengingat besarnya kontribusi impor bahan baku atau bahan baku penolong pada defisit neraca perdagangan.

“Berarti tadi industri baja, industri kimia atau petrokimia, betul-betul harus dibuka karena ini jebakan substitusi impor,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi berharap pemerintah membuat langkah-langkah quick win yang betul-betul konkrit untuk mendorong tumbuhnya industri pengolahan seperti industri besi baja, industri petrokimia dan juga tidak kalah pentingnya percepatan mandatory biodiesel B30, dalam rangka menurunkan impor BBM.

“Saya tadi mendengar dari Pak Menteri BUMN, bulan ini sudah bisa kita mulai untuk biodiesel B30, dan tumbuhnya industri pengolahan bukan hanya untuk menghasilkan barang-barang pengganti impor, tetapi juga akan memberikan nilai tambah, karena membuka lapangan kerja yang cukup besar. Ini yang memang kita kejar membuka lapangan kerja,” jelas Presiden Jokowi.

Tags : Industri Substitusi Impor , Presiden Jokowi

Berita Terkait