Kemnaker dan Shopee Jajaki Kerja Sama Pengembangan Wirausaha Baru Berbasis Digital

| Senin, 27/01/2020 22:17 WIB
Kemnaker dan Shopee Jajaki Kerja Sama Pengembangan Wirausaha Baru Berbasis Digital Kemnaker RI dan Shopee jajaki kerja sama untuk mengembangkan wirausaha baru berbasis teknologi digital. (Foto: twitter @KemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan Shopee menjajaki kerja sama lanjutan untuk memberikan pelatihan edukasi pemasaran digital dan pendampingan kepada Tenaga Kerja Mandiri (TKM) yang dibina oleh Kemnaker. Program TKM ini bertujuan untuk menciptakan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha pada sektor informal.

Baca Juga: Kemnaker-Bukalapak Jalin Kerjasama Matangkan Persiapan Peluncuran Kartu Prakerja

Program ini juga membina serta mengembangkan kader wirausaha baru (WUB) atau pengusaha pemula yang mandiri dan produktif dengan berbasis Sumber Daya Alam (SDA) yang telah disesuaikan dengan Sumber Daya Manusia (SDM) di daerah.

“Pemerintah ingin wirausaha produktif berbasis rakyat ini terus tumbuh dengan tata kelola yang lebih baik, inovasi yang tidak kenal henti, marketing yang lebih modern, dan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak. Shopee diharapkan dapat memberikan edukasi dan pendampingan terkait pengembangan pemasaran produk melalui teknologi digital,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah saat menerima audiensi Shopee, Jakarta, Senin, 27 Januari 2020.

Menurutnya, edukasi dan pembinaan terkait pemasaran di dunia digital ini diharapkan pada para peserta khususnya para wirausaha baru supaya bisa membangun jaringan untuk membuka peluang usaha yang ditekuni. "Para wirausaha baru ini dapat membuat toko online melalui ponselnya. Yang tadinya menjadi pembeli, diedukasi dan dibimbing menjadi penjual produk-produk andalan di aplikasi seperti Shopee. Sehingga, akan memiliki penghasilan sendiri dan merambah pasar yang lebih luas,” kata Ida.

Dirinya juga menyambut baik setiap komitmen yang dapat memberikan dampak positif atas pengembangan UMKM di Indonesia, seperti apa yang dikerjasamakan dengan Shopee sejak tahun 2019 hingga tahun 2020 ini. “Kami berharap kedepannya upaya kerja sama ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan guna terealisasinya UMKM Indonesia dengan Sumber Daya Manusia yang berkualitas berkat dukungan platform e-commerce seperti Shopee,” kata Ida.

Baca Juga: Siapkan Pekerja Kompeten, Kemnaker Jajaki Kerjasama dengan Avic International

Sementara itu, Head of Public Policy and Government Relations Shopee Indonesia Radityo Triatmojo mengatakan kerja sama yang dijalin bersama dengan Kemnaker di tahun 2019 menjadi nilai positif yang tidak hanya untuk ratusan UMKM Binaan Kemnaker yang telah teredukasi, tetapi juga untuk para Sumber Daya Manusia potensial yang tersebar di berbagai daerah melalui pagelaran program edukasi yang Shopee berikan.

“Melalui audiensi hari ini, Shopee menyampaikan berbagai informasi terkini dari inovasi dan program kami sebagai peluang untuk melanjutkan kerja sama dengan Kemnaker di tahun 2020 ini, sejalan dengan visi dan komitmen kedua belah pihak dalam mendukung perkembangan UMKM berikut dengan Sumber Daya Manusia-nya,” kata Radityo.

Kerja sama antara Kemnaker dengan Shopee di tahun 2020 ini menitikberatkan tidak hanya demi perkembangan UMKM, tetapi juga ke pihak-pihak Sumber Daya Manusia unggul. Kerja sama yang dijalin dengan pihak Kemnaker juga memungkinkan Shopee dalam melakukan penetrasi studi literasi digital ke berbagai daerah di Indonesia untuk jangkauan yang lebih luas lagi.

Tags : Kemnaker RI , Shopee , Wirausaha , Teknologi Digital , SDM

Berita Terkait