Legislator PKB Minta Pemerintah Optimalkan Penerimaan Negara dari Cukai

| Senin, 24/02/2020 09:01 WIB
Legislator PKB Minta Pemerintah Optimalkan Penerimaan Negara dari Cukai Politisi Fraksi PKB, Fathan Subchi Minta Pemerintah Optimalkan Penerimaan Pendapatan Dari Cukai (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Fathan Subchi meminta agar pemerintah mengoptimalkan penerimaan negara dari sektor cukai untuk meningkatkan penerimaan pajak negara.

“Mengingat selama ini pendapatan negara dari sektor pajak tidak mencapai target yang diinginkan,” Demikian diungkapkan Fathan saat mengikuti kunjungan kerja spesifik Komisi XI DPR RI ke Kudus, Jawa Tengah, Kamis 20 Februari 2020.

Di Kudus, Politisi PKB melihat salah satu perusahaan karya anak bangsa yang cukup besar dan bisa dibanggakan sebagai penyumbang pajak untuk pendapatan negara.
 
"Perusahaan yang bermitra dengan bea cukai dengan Bank Indonesia untuk hologram pita cukai, PT Pura Barutama sebagai Mitra Komisi XI, berikhtiar bagaimana meningkatkan pendapatan dari sektor cukai. Karena kita tahu bahwa APBN kita dari sektor pajak yang cukup besar hampir 200 triliun rupiah agar ada peningkatan,” terang Fathan.
 
Politisi Fraksi PKB ini juga takjub ketika tahu bahwa PT Pura Barutama juga menerima pesanan dari negara Nepal dan Bangladesh.

"Saya kira ini langkah awal yang bagus bisa promosikan ke negara-negara lai, mungkin seperti negara-negara di Afrika. Karena kita lebih unggul dari segi teknologi security dan juga high teknologi. Jadi Komisi XI DPR RI mendorong agar hal ini dilakukan secara lebih masif,” ujar Fathan.
 
Fathan menambahkan, walaupun laporan pendapatan dari sektor bea cukai melampaui target yaitu sebesar 106,5 persen, tetap perlu ada improvisasi agar capaian yang ditargetkan ke depannya menjadi lebih besar lagi. Pemerintah dan DPR RI sangat menyetujui agar pendapatan dari sektor cukai ditingkatkan.
 
Salah satunya dengan mengusulkan cukai kantong plastik walaupun pemerintah daerah sudah berupaya untuk membatasi penggunaan kantong plastik karena hal tersebut berkaitan dengan isu lingkungan. "Untuk pengenaan tarif cukai plastik tentunya harus mempertimbangkan banyak hal, mulai dari besaran tarif cukainya hingga perekonomian nasional yaitu usaha mikro kecil menengah,” imbuh Fathan.

Tags : Fathan Subchi , PKB , Cukai

Berita Terkait