BI Sebut Aliran Dana Asing Mulai Masuk ke RI

| Kamis, 23/04/2020 13:06 WIB
BI Sebut Aliran Dana Asing Mulai Masuk ke RI Gedung Bank Indonesia (Foto: Istimewa)

JAKARTA RADARBANGSA.COM - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo menyebut bahwa aliran dana asing mulai masuk perlahan ke Indonesia.

Berdasarkan data transaksi harian non residen, baik dari SBN maupun saham dalam periode 13-20 April 2020, terjadi inflow asing terhadap SBN sebesar Rp4,37 triliun dan outflow saham sebesar Rp2,8 triliun, sehingga secara keseluruhan tercatat net inflow sebesar Rp1,57 triliun.

“Hal tersebut menunjukan bahwa secara bertahap kepercayaan kepada Indonesia khususnya dalam investasi portofolio fixed income berangsur-angsur mengalami kenaikan,” ungkap Perry melalui keterangan resmi BI, Rabu 22 April 2020.

BI menyebut hal ini terutama didorong oleh imbal hasil investasi portofolio dalam bentuk SBN yang cukup menarik, diukur dari beberapa indikator, antara lain yield spread sebesar 7,1% atau, 713 bps antara obligasi Pemerintah Indonesia 10 tahun dengan US treasury 10 tahun dan yield secara riil sebesar 4,6 yang masih lebih tinggi dibandingkan dengan India, Meksiko dan negara asia lainnya.

Faktor selanjunya karena didorong oleh Indikator premi risiko yaitu indeks volatilitas pasar keuangan (VIX) sebelum COVID-19 berada pada level 18,8, pada saat puncak yaitu sekitar minggu II-III Maret 2020 pada level 83,2 dan data terakhir menunjukan VIX pada level 43,8, artinya kepanikan pasar keuangan global berangsur-angsur mereda.

Ke depan, BI bersama dengan pemerintah dan otoritas terkait  akan meningkatkan daya tarik investasi portofolio di Indonesia dan mendukung stabilitas nilai tukar Rupiah.

Tags : BI , Dana , Aliran , Asing