Kuartal I, Aliran Investasi Sektor Manufaktur Tembus Rp 64 Triliun

| Rabu, 03/06/2020 13:41 WIB
Kuartal I, Aliran Investasi Sektor Manufaktur Tembus Rp 64 Triliun Kawasan Industri (Doc: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Sepanjang Periode Januari hingga Maret 2020, Kementerian Perindustrian mencatat total investasi yang masuk di sektor manufaktur adalah sebesar Rp64 triliun. Realisasi ini naik 44,7% dibanding capaian pada periode yang sama tahun sebelumnya yaitu sebesar Rp44,2 triliun.

Lebih lanjut, Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Kartasasmita menyampaikan total nilai investasi ini memberikan kontribusi hingga 30,4% dari total investasi keseluruhan sektor yang menembus Rp210,7 triliun.

Agus menilai, saat ini Indonesia perlu menangkap peluang investasi dari berbagai negara potensial, terutama mereka yang ingin merelokasi pabriknya seperti beberapa perusahaan Amerika Serikat dan Jepang.

“Masuknya investasi akan meningkatkan penggunaan komponen dalam negeri serta memberikan nilai tambah bagi bahan baku lokal dan mendongkrak daya saing industri kita. Selain itu, mendukung pembangunan daerah dan memberikan efek yang luas pada pembukaan lapangan kerja.” Jelasnya melalui keterangan resmi, Selasa 2 Juni 2020.

Terlebih saat ini Indonesia dinilai masih menjadi negara tujuan investasi karena memiliki keunggulan dari letak geografis dan pasar domestik yang besar sehingga dapat dijadikan hub manufaktur di wilayah ASEAN.

“Oleh karenanya, kita harus benar-benar persiapkan dengan matang, termasuk ketersediaan kawasan industri dan infrastruktur yang terintegrasi,” tegasnya.

 

 

Tags : Investasi , Manufaktur