Sektor Manufaktur Sumbang Ekspor Terbesar Nasional

| Jum'at, 19/06/2020 14:30 WIB
Sektor Manufaktur Sumbang Ekspor Terbesar Nasional Ilustrasi Pengolahan Industri Logam Dasar (Doc: M Bisnis)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat sepanjang Januari-Mei 2020, sektor manufaktur tetap menjadi kontributor paling besar terhadap kinerja ekspor nasional. Salah satunya adalah Industri logam dasar dan industri makanan yang masing masing member kontribusi sebesar 41 persen dan 8 persen jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Catatan positif dari sektor industri logam menunjukkan bahwa kebijakan hilirisasi bisa berjalan baik, dengan mampu meningkatkan nilai tambah bahan baku dalam negeri serta dapat memenuhi kebutuhan pasar internasional,” kata Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resmi, Jumat 19 Juni 2020.

Hingga saat ini kinerja industri logam dasar, mampu mencatatkan nilai ekspor sebesar USD9,2 miliar dan untuk industri makanan mencatat angka USD11,4 miliar.

“Sesuai aspirasi roadmap Making Indonesia 4.0, kami menargetkan industri makanan dan minuman akan menjadi sektor yang mampu merajai di wilayah Asia Tenggara,” ungkap Agus.

Sektor manufaktur lainnya yang memberikan kontribusi signifikan bagi perolehan nilai eskpor industri pengolahan nonmigas pada lima bulan pertama tahun ini, antara lain adalah industri bahan kimia dan barang dari bahan kimia yang mencatatkan nilai ekspornya sebesar USD4,9 miliar, kemudian diikuti oleh industri pakaian jadi USD2,8 miliar.

“Pada industri kimia, kami menargetkan sektor tersebut akan menjadi pemain terkemuka di industri biokimia. Sedangkan, untuk industri tekstil dan busana, pemerintah memfokuskan agar bisa menjadi produsen functional clothing terkemuka,” paparnya.

Agus pun meyakini, kinerja industri manufaktur akan bergerak cepat usai penanganan Covid-19 selesai. Sebab, izin operasional telah diberikan bagi kelompok industri strategis, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

 

Tags : Manufaktur , Ekspor , Impor

Berita Terkait