Naiknya Harga Makanan dan Minuman Sumbang Inflasi Juni

| Senin, 06/07/2020 09:40 WIB
Naiknya Harga Makanan dan Minuman Sumbang Inflasi Juni Industri Makanan dan Minuman (Doc: Pos Kaltim)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Badan Pusat Statistik merilis angka inflasi Juni 2020 sebesar 0,18% dengan Indeks Harga Konsumen (IHK) sebesar 105,06. 

Kepala BPS, Suhariyanto mengatakan Inflasi terjadi karena adanya kenaikan harga yang disebabkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran.

Suhariyanto menjelaskan kelompok yang paling berpengaruh untuk kenaikan inflasi bulan ini adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 0,47%.

Selanjutnya kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,02%, kelompok kesehatan sebesar 0,13%, kelompok transportasi sebesar 0,41%, kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,13%, dan kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,28%. 

Sementara itu kelompok pengeluaran yang mengalami deflasi, yaitu kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,04%, kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,03%, kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,06%, dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,08%.

Untuk kelompok pengeluaran yang tidak mengalami perubahan, yaitu kelompok pendidikan.

Tags : Inflasi Juni , Makanan Minuman , BPS

Berita Terkait