Lembaga Pemeringkat Internasional Anggap Peringkat Utang Indonesia Masih Stabil

| Rabu, 12/08/2020 12:06 WIB
Lembaga Pemeringkat Internasional Anggap Peringkat Utang Indonesia Masih Stabil Rupiah dan Dolar (Foto: Istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Lembaga pemeringkat utang Fitch mempertahankan peringkat utang (rating) Indonesia pada posisi BBB dengan outlook stable pada tanggal 10 Agustus 2020.

Dalam laporannya, Fitch menyatakan bahwa stabilnya rating Indonesia didorong oleh prospek pertumbuhan jangka menengah yang baik dan rasio utang terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) yang rendah dibandingkan negara peers dengan kategori BBB.   

“Langkah Fitch mempertahankan peringkat utang Indonesia pada posisi BBB dengan outlook stable tersebut menunjukkan bahwa kebijakan Pemerintah untuk mengatasi pandemi Covid-19 selama ini sudah berada pada jalur yang tepat,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, Senin 10 Agustus 2020.

Di sisi lain, Ia menyampaikan jika Fitch tetap memberikan masukan masukan kepada sektor keuangan Indonesia. Beberapa masukan ini adalah pemerintah Indonesia perlu mengurangi ketergantungan terhadap pihak eksternal, meningkatkan pendapatan negara, mempercepat reformasi struktural, dan meningkatkan PDB per kapita.

Tags : Utang , Fitch , Stabil