Menkop Sasar 40 Ribu UMKM Go Digital

| Jum'at, 04/09/2020 16:02 WIB
Menkop Sasar 40 Ribu UMKM Go Digital Konsumen Banyak Adukan Perdagangan Online (Foto: Liputan6)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Koperasi dan UKM bersama dengan Mastercard Center akan menyasar 40.000 UMKM di tanah air untuk melakukan penguatan layanan digital.

Kedua belah pihak akan menerapkan skema pelatihan dan pendampingan  melalui platform digital terintegrasi antara platform MicroMentor Indonesia (micromentor.org) dengan platform e-learning yang diinisiasi oleh KemenUKM (www.edukukm.id), akses mentoring bisnis one-to-one dengan relawan mentor, webinar pengembangan bisnis, serta pelatihan keamanan siber kepada setidaknya 30.000 UMKM di Indonesia melalui skema non-APBN.

“Kami, KemenkopUKM bersama dengan tim MicroMentor Indonesia akan melatih dan mendampingi UMKM tentang tata cara penggunaanya melalui platform MicroMentor Indonesia yang diintegrasikan dengan platform pelatihan berbasis daring KemenkopUKM di edukukm.id dan dapat menjangkau 40.000 UMKM," ungkap Menkop dan UKM, Teten Masduki dikutip pada Jumat 4 September 2020.

Ia mengatakan kerjasama ini dilakukan untuk memperbaiki kondisi UMKM di masa pandemi. Sebab, pandemi membuat permintaan terhadap 26 persen UMKM menurun serta jenis kesulitan lainnya seperti akses kendala pemasaran, kesulitan akses bahan baku dan kendala SDM.

Di kesempatan yang sama, Country Manager of PT Mastercard Indonesia, Navin Jain mengatakan dalam masa pandemi ekonomi digital dapat menopang  kebutuhan masyarakat dan akses perdagangan.

Seiring para pelaku bisnis mempercepat transformasi digital, terdapat sebuah kebutuhan untuk memastikan setiap pemain di dalam ekosistem dilengkapi dengan keterampilan, pengetahuan, alat-alat, dan teknologi yang tepat sehingga tidak ada yang tertinggal di masa depan. 

“Melalui berbagai inisiatif seperti Mastercard Academy 2.0, Mastercard berkomitmen untuk mendukung pemerintah Indonesia dalam menciptakan ekonomi digital yang inklusif, yang bekerja dan memberikan manfaat kepada setiap orang di mana pun, dan kapan pun,” ungkapnya.

Tags : UMKM , Go Digital , Mastercard