Parekraf Minta Kerjasama Pemda Untuk Salurkan Dana Hibah Sesuai Target

| Senin, 26/10/2020 09:10 WIB
Parekraf Minta Kerjasama Pemda Untuk Salurkan Dana Hibah Sesuai Target Sektor pariwisata salah satu sektor yang terpukul sangat dalam. (Foto: anekawisatacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) meminta kepada stakeholder pariwisata dan pemerintah daerah (pemda) agar saling bekerja sama dalam menyalurkan program Dana Hibah Pariwisata sebesar Rp3,3 triliun. Hal ini mengingat banyaknya sektor pariwisata yang sangat membutukan stimulus untuk melakukan pemulihan.

“Dibutuhkan komitmen dan kerja sama seluruh stakeholder pariwisata termasuk pemerintah daerah dan pengelola usaha pariwisata penerima dana hibah untuk memastikan bahwa dana yang telah dikeluarkan oleh pemerintah pusat dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan tepat guna,” ujar Wakil Menteri Parekraf, Angela Tanoesoedibjo dalam sebuah webiner daring, 23 Oktober 2020.

Ia mengatakan sektor pariwisata Indonesia merupakan sektor yang memiliki peluang besar untuk dapat pulih lebih cepat pasca pandemi covid-19. Indonesia dengan jumlah penduduk yang cukup besar tentu memiliki potensi mobilisasi wisatawan nusantara yang dapat dioptimalkan. 

“Kita harus terus optimis terhadap sektor pariwisata, karena sektor ini masih memiliki peluang untuk pulih lebih cepat dari negara lain, dengan catatan tentunya kita harus disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan dan betul-betul menjaga kepercayaan masyarakat.”

Menurutnya, pariwisata adalah tentang pengalaman. Tidak cukup hanya memberikan janji tentang keamanan dan keselamatan serta protokol kesehatan, namun harus dengan bukti melalui pengalaman wisatawan yang datang jika Indonesia adalah destinasi yang bersih, sehat, dan aman untuk dikunjungi.

“Jika kita bisa memanfaatkan hibah pariwisata 3,3 T ini, untuk menguatkan protokol kesehatan dilengkapi dengan sertifikasi I do care, saya yakin kepercayaan publik akan meningkat. Dan Jika masyarakat yakin bahwa hotel, restoran, dan destinasi wisata yang mereka kunjungi menerapkan protokol kesehatan, mereka akan merasa aman dan pastinya konsumsi meningkat,” tukas Angela. 

Tags : Pariwisata , Parekraf , Dana Hibah Pariwisata , Angela