Survei BI: Sektor Properti Tumbuh Stagnan di Triwulan III

| Kamis, 12/11/2020 12:04 WIB
Survei BI: Sektor Properti Tumbuh Stagnan di Triwulan III Salah satu kawasan perumahan (foto: Infobanknews.com)

RADARBANGSA.COM - Bank Indonesia (BI) mencatat pertumbuhan stagnan pada sektor properti residensial di triwulan III 2020.

Pertumbuhan ini tercermin dari Indeks Harga Properti Residensial (IHPR) sebesar 1,51% (yoy), atau hampir sama dengan indeks bulan sebelumnya 1,59% (yoy).

Direktur Komunikasi BI, Onny Widjanarko memproyeksi jika IHPE diprakirakan masih tumbuh terbatas pada triwulan IV 2020 sebesar 1,29% (yoy

“Dari sisi volume, penjualan properti residensial pada triwulan III 2020 masih menurun. Hal ini tercermin dari penjualan properti residensial yang terkontraksi 30,93% (yoy), dibandingkan kontraksi pada triwulan sebelumnya sebesar 25,60% (yoy,” ungkap Onny, Kamis 12 November 2020.

Pertumbuhan yang stagnan ini utamamya diakibatkan oleh penurunan penjualan properti residensial ini terjadi pada seluruh tipe rumah.

“Menurut sumber pembiayaan, hasil survei menunjukkan pengembang masih mengandalkan sumber dari nonperbankan untuk pembiayaan pembangunan properti residensial,” imbuh Onny.

Pembangunan properti ini sebagian besar bersumber dari dana internal pengembang mencapai 66,87% dari total kebutuhan modal.

Sementara dari sisi konsumen, fasilitas KPR menjadi sumber pembiayaan utama dalam pembelian properti residensial dengan pangsa mencapai 76,02% dari total pembiayaan.

Tags : Sektor Properti , Survei BI

Berita Terkait