Kebutuhan Pangan Akhir Tahun Dipastikan Aman

| Senin, 16/11/2020 09:24 WIB
Kebutuhan Pangan Akhir Tahun Dipastikan Aman Beras Bulog. (Foto: ilustrasi)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah memastikan jika kebutuhan pangan akhir tahun mendatang berada dalam kondisi aman.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengatakan jika kepastian ini dihitung berdasarkan masa produksi awal tahun lalu, serta melalui gerakancepat bertanam dari seluruh petani di seluruh Indonesia.

"Kita lakukan percepatan tanam sekaligus memupuk lahan sesuai permintaan yang ada. Karenanya sekarang sedang siapkan Musim Tanam 1 2020 ke 2021," kata Mentan, dikutip dari laman resmi Kementan Senin 16 November 2020.

Ia juga meminta kepada antar pemerintah daerah untuk meningkatkan sinergitas agar seluruh pihak benar benar memastikan kebutuhan pangan berada di kondisi aman dan terkendali.

"Saya berharap seluruh bupati, walikota, gubernur sampai dengan kepala desa dan lurah segera mempersiapkan stok pangan di daerahnya masing-masing. Yang paling penting ketersediaan stok pangan harus dimulai dari rumah tangga dulu. Sehingga ketika ada kejadian apapun setiap keluarga bisa memenuhi pangannya sendiri," kata Mentan.

Sementara itu, mulai Oktober 2020 pihaknya mengkonfirmasi telah menyiapkan bahan pokok untuk kebutuhan tahun 2021. Diperkirakan nantinya ada sekitar 17 juta ton beras yang dipanen pada Maret 2021.

"Sekali lagi saya pastikan kebutuhan bahan pokok tahun ini dalam kendali," tutupnya.

Tags : Stok Pangan , Akhir Tahun

Berita Terkait