Angka Kemiskinan Diprediksi Bertambah 1 Juta Orang di 2021

| Selasa, 24/11/2020 07:05 WIB
Angka Kemiskinan Diprediksi Bertambah 1 Juta Orang di 2021 Ilustrasi pemukiman di Jakarta. (Foto: marketeerscom)

RADARBANGSA.COM - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) memproyeksi jika angka kemiskinan akan bertambah di tahun 2021 nanti.

Direktur Eksekutif INDEF, Tauhid Ahmad menjelaskan bahwa proyeksi ini sejalan dengan program pemulihan perintah yang belum mampu menangani peningkatan kemiskinan akibat pandemi.

“Untuk di 2021, kami memperkirakan penduduk miskin akan mencapai 10,5 persen atau tambah sekitar satu jutaan. Jadi total sekitar 28,37 orang,” ungkap Tauhid webiner daring INDEF, Senin 23 November 2020.

Asumsinya adalah Program PEN tidak cukup kuat menahan laju penurunan konsumsi dan masyarakat khususnya masyarakat miskin dan rentan miskin.

Selain itu, kemiskinan juga akan bertambah sebagai akibat dari laju pengangguran yang meningkat.

“Hal inilah yang pada akhirya di tahun 2021, kami melihat penduduk miskin akan jebol kembali diatas 2 digit, yakni di sekitar 10,5 persen,” tandas Tauhid.

Ia berharap pemerintah dapat memperhatikan hal ini, mengingat jika angka kemiskinan kembali berada diatas 10,5 persen maka Indonesia akan masuk seperti di periode awal pemerintahan Jokowi.

Tags : angka kemiskinan , indef

Berita Terkait