Konsumsi Fesyen Muslim Dunia Capai 277 Miliar Dolar

| Rabu, 25/11/2020 11:30 WIB
Konsumsi Fesyen Muslim Dunia Capai 277 Miliar Dolar Industri Fesyen Muslim. (Foto: dreamcoid)

RADARBANGSA.COM - Perkembangan jumlah umat muslim dunia menjadi salah satu pendorong pertumbuhan industri fesyen muslim.

Dalam laporan The State Global Islamic Ecomony Report 2020/2021 yang baru saja dirilis, konsumsi fesyen muslim dunia tahun 2019 sempat mencapai USD277 miliar.

”Pada tahun ini konsumsi fesyen muslim dunia memang agak menurun akibat pandemi Covid-19. Namun, kami yakin akan kembali pulih pada tahun 2021,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperinf, Gati Wibawaningsih di Jakarta, Rabu 25 November 2020.

Untuk konsumsi fesyen muslim di Indonesia pada tahun 2019 adalah sebesar USD16 miliar atau menempati posisi terbesar kelima di dunia setelah Iran, Turki, Arab Saudi dan Pakistan.

“Peluang pasar fesyen muslim global maupun domestik masih sangat besar dan harus diisi oleh industri fesyen muslim Indonesia,” imbuhnya.

Ia memaparkan jika merujuk The State of Global Islamic Economy Report 2020/2021, pengembangan fesyen muslim Indonesia mempunyai prestasi di dunia internasional.

“Indonesia menduduki peringkat ketiga sebagai negara yang mengembangkan fesyen muslim terbaik di dunia setelah Uni Emirat Arab dan Turki. Hal ini menunjukkan peluang Indonesia untuk dapat berada pada urutan pertama dan menjadi salah satu pusat fesyen muslim dunia,”tegas Gati.

Sebagaimana diketahui, Industri fesyen muslim merupakan bagian dari industri pakaian jadi yang memiliki kontribusi cukup besar terhadap perekonomian nasional.

Kemenperin mencatat, kinerja ekspor industri pakaian jadi sepanjang tahun 2019 mencapai USD8,3 miliar dan pada periode Januari-September tahun 2020 untuk ekspor industri pakaian jadi telah menembus USD5,36 miliar.

 

Tags : Fesyen Muslim

Berita Terkait