Industri Pengolahan Jadi Penyumbang PHK Terbesar di Era Pandemi

| Jum'at, 22/01/2021 15:29 WIB
Industri Pengolahan Jadi Penyumbang PHK Terbesar di Era Pandemi Karyawan (Doc: Bisnis)

RADARBANGSA.COM - Sepanjang Pandemi berlangsung, Lembaga Riset Independen, CORE Indonesia mencatat angka penurunan karyawan yang sangat drastis di Industri manufakur.

Direktur Eksekutif Riset CORE, Muhammad Faisal menerangkan setidaknya terdapat pengurangan karyawan sebanyak 1,8 Juta Orang selama periode Agustus 2019 hingga Agustus 2020.

Faisal menuturkan, sebetulnya hampir di seluruh sektor terjadi pengurangan karyawan, namun pengurangan karyaan di sektor manufaktur menjadi yang terbesar.

“Bahkan kalau kita bandingkan dengan dua sektor lain yang lebih banyak menyerap tenaga kerja, pertanian dan perdagangan ini selama kurun waktu yang sama malah justru mengalami peningkatan. Malah industri manufaktur mengalami penurunan,” ungkap Faisal dalam Webiner Core, Kamis 21 Januari 2021.

Melansir dari Survey BPS Juli lalu, kategori industri yang memberhentikan pegawainya dalam jumlah terbesar saat era pandemi adalah Industri Pengolahan dengan presentase 18,69 perusahan. Disusul kemudian oleh Industri Konstruksi dan akhirnya Industri Akomodasi Makanan dan Minuman.

Sementara jika berdasarkan kategori Industri yang melakukan pengurangan pegawai di era pandemi, Industri Pengolahan juga menjadi yang terbesar dengan jumlah 52 perusahaan. Baru kemudian diikuti oleh Industri Konstruksi dan akhirnya Industri Akomodasi Makanan dan Minuman.

 

Tags : Phk karyawan , Core

Berita Terkait