Gandeng Kolombia, Jatim Berencana Kembangkan Kereta Gantung

| Kamis, 28/01/2021 12:20 WIB
Gandeng Kolombia, Jatim Berencana Kembangkan Kereta Gantung Kereta Gantung (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Timur) tengah mengupayakan pengembangan kereta gantung (cable car) yang rencananya akan berkolaborasi dengan Pemerintah Kolombia.

Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, mengatakan jika pengembangan cable car khususnya akan dialokasikan di wilayah pegunungan. Hal ini agar kedepannya juga dapat menumbuhkan ekonomi wilayah sekitar.

“Kita melihat potensi masyarakat menginginkan adanya cable car di daerah-daerah pegunungan di Jatim ini tinggi. Jadi kita ingin agar pengembangan cable car seperti yang ada di Medelline (Kolombia) yang bisa menjadi salah satu upaya pengentasan kemiskinan masyarakat di pegunungan ini, bisa kita ikuti,” kata Emil, Rabu Malam, 27 Januari 2021.

Emil menuturkan sebetulnya secara teknologi  PT. INKA di Madiun telah mampu memproduksi gerbongnya. Namun, di beberapa aspek, sinergi kerjasama dengan Kolombia ini tidak hanya di bidang teknologi, namun juga bidang manajemen dan pemberdayaan masyarakatnya.

Emil lantas berharap ke depan Kolombia mampu mengembangkan kerjasama lain dengan Jatim. Terlebih karena Jatim merupakan provinsi industri.

“Jadi kita tentunya juga terbuka apabila ada bahan baku terutama bahan baku industri yang bisa kita peroleh dari Kolombia,” tutupnya.

Tags : Kolombia , Kereta Gantung Jatim

Berita Terkait