Curah Hujan Tinggi Picu Naiknya Harga Cabe

| Selasa, 23/02/2021 11:34 WIB
Curah Hujan Tinggi Picu Naiknya Harga Cabe Harga Cabai (Doc: Kominfo Jatim)

RADARBANGSA.COM - Curah hujan yang cukup tinggi pada bebera hari ini berpengaruh pada petikan cabe sehingga memicu kenaikan pada harga cabe.

Adanya bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah juga turut mempengaruhi distribusi cabe sehingga petani memutuskan untuk menaikkan harga cabe.

Melansir dari JNR Kominfo, pada minggu keempat Februari harga cabe rawit, cabe merah besar, maupun cabe merah keriting di berbagai pasar rakyat Jawa Timur khususnya di Surabaya juga cenderung merangkak naik.

Jika melihat perkembangan dari Sistem Informasi Ketersediaan dan Perkembangan Harga Bahan Pokok (siskaperbapo) Disperindag Jawa Timur, rata-rata harga cabe rawit Rp 87.000/kg atau naik dibandingkan pada minggu kedua Februari 2021 yang sebesar Rp 50.000/kg. Sementara harga cabe merah besar keriting rata-rata Rp 46.000/kg dan cabe merah besar biasa Rp 37.000/k

Ketua Paguyupan Petani Cabe Indonesia Jawa Timur, Suyono mengatakan jika harga cabe khususnya cabe rawit baik di pasar grosir dan pasar Surabaya sekitarnya cenderung naik.

Namun diharapkan meskipun ada kenaikan berada dalam batas kewajaran.

“Naiknya harga cabe khususnya cabe rawit disentra cabe Kediri karena saat ini curah hujan cukup tinggi sehingga para petani yang metik cabe tidah bisa maksimal” ujar Suyono dalam keterangannya, Senin 22 Februari 2021.

Sementara persediaan cabe di pasar maupun di beberapa daerah sentra dan distributor cabe di Jawa Timur masih cukup tersedia. Sedangkan untuk harga cabe merah keriting, cabe merah biasa masih stabil, tetapi untuk cabe rawit di sentra cabe di Pare Kediri cenderung terus naik karena pasokan dari petani sedikit berkurang akibat dari curah hujan yang tinggi.

Menurut data harga cabe di tingkat distributor di sentra cabe Kepung Pare dan Plosoklaten Kediri pada Senin 22 Februari cenderung fluktuatif naik dengan harga bervariatif. Untuk cabe besar  varitas gada saat ini Rp 30.000/kg dan cabe merah besar varitas imola Rp 27.000/kg serta Cabe merah besar keriting rata-rata Rp 40.000/kg. 

Sedangkan harga cabe rawit merah kecil varitas ori 212 Rp 80.000/kg, cabe rawit varitas lokal pagu Kediri dijual dengan harga Rp 77.000 /kg, cabe rawit varitas prentul stroberi dan kencana Rp 78.000/kg, cabe rawit varitas baskara Rp 69.000/kg dan cabe rawit varitas dewata Rp 70.000/kg.

 

Tags : Curah Hujan Tinggi

Berita Terkait