Jokowi Sebut Investasi Bergeser ke Luar Jawa Sebagai Modal untuk Bangkit

| Kamis, 25/02/2021 21:31 WIB
Jokowi Sebut Investasi Bergeser ke Luar Jawa Sebagai Modal untuk Bangkit Presiden Jokowi (foto; Facebook Presiden Joko Widodo)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan, perbaikan struktur perekonomian Indonesia salah satunya adalah sasaran investasi sudah mulai bergeser ke luar Pulau Jawa. Hal itu, menurutnya, menjadi salah satu modal bagi Indonesia untuk membangkitkan perekonomian dari tekanan pandemi COVID-19.

"Penanaman modal diinvestasikan di luar Jawa 50,5 persen dan di Jawa 49,5 persen. Investasi sudah sedikit bergeser ke luar Jawa. Artinya kita punya modalitas yang kuat untuk bangkit dan tumbuh," kata Jokowi dilansir dari antaranews.com, Kamis, 25 Februari 2021.

Disampaikannya, data tersebut berdasarkan realisasi investasi yang dicatat Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) selama Januari-Desember 2020. Realisasi penanaman modal sepanjang periode itu mencapai Rp826,3 triliun atau melebihi target yang dicanangkan pemerintah.

Hal tersebut dianggap Presiden sebagai salah satu indikator ekonomi domestik sedang beranjak pulih dan bertransformasi. “Kita harus buktikan bahwa Indonesia bisa, bisa lebih baik dari yang diperkirakan. Syaratnya sederhana, energi bangsa harus bersatu, harus fokus untuk menangani krisis kesehatan dan mendongkrak pertumbuhan yang berkualitas,” tandasnya. 

Tags : Jokowi , Investasi , COVID-19 , Ekonomi Nasional , Indonesia