PTPP Targetkan Penyelesaian 2 Bendungan PSN Tahun Ini

| Senin, 15/03/2021 12:09 WIB
PTPP Targetkan Penyelesaian 2 Bendungan PSN Tahun Ini Bendungan di Indonesia (Doc: BUMN)

RADARBANGSA.COM - Perusahaan konstruksi pelat merah, PT PP (Persero) menargetkan penyelesaian pembangunan 2 (dua) bendungan yang termasuk ke dalam Proyek Strategis Nasional (“PSN”) di tahun ini.

Kedua proyek bendungan tersebut adalah proyek pembangunan Bendungan Way Sekampung Paket I & III yang berlokasi di Lampung dan Bendungan Pidekso di Jawa Tengah.

Sekretaris Perusahaan PT PP, Yuyus Juarsa mengatakan proyek Bendungan Way Sekampung Paket I memiliki nilai kontrak sebesar Rp923 Miliar dengan proses pengerjaan dilaksanakan selama 1.645 (seribu enam ratus puluh lima) hari kalender dan memiliki masa pemeliharaan selama 450 (empat ratus lima puluh) hari kalender.

Proyek pembangunan yang dikerjakan sejak tahun 2016 ini telah mencapai progress 100% di bulan Maret ini.

Sementara proyek Bendungan Way Sekampung Paket III Mmemiliki masa pelaksanaan selama 240 (dua ratus empat puluh) hari kalender dan masa pemeliharaan selama 365 (tiga ratus enam puluh lima) hari kalender. Saat ini, proyek yang dimiliki oleh Kementerian PUPR ini telah mencapai progress pembangunan sebesar 54,64%.

Bendungan Pidekso memiliki nilai kontrak sebesae Rp. 739 mliar ini terdiri dari Kontrak Tahap I sebesar Rp. 436,9 miliar dan Kontrak Lanjutan sebesar Rp. 302,7 miliar.

"Kehadiran Bendungan Way Sekampung di Provinsi Lampung dan Bendungan Pidekso di Provinsi Jawa Tengah tentunya akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat sekitar. Pekerjaan pembangunan bendungan ini tidak dihentikan oleh Pemerintah selama masa pandemic Covid-19,” kata Yuyus, Minggu 14 Maret 2021.

Selain itu, kehadiran bendungan tersebut dapat digunakan sebagai pengendali banjir dan sebagai lahan konservasi serta pariwisata sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Tags : PTPP , Bendungan Lampung

Berita Terkait