Kementan Lakukan Penyerapan Gabah Petani

| Senin, 22/03/2021 11:27 WIB
Kementan Lakukan Penyerapan Gabah Petani Petani di Ladang (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Memasuki masa panen raya, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menegaskan akan memaksimalkan penyerapan gabah lokal.

“Kita bantu petani semaksimalnya. Saya meminta jajaran Kementerian Pertanian untuk membentuk Tim Terpadu Gerakan Serap Gabah Petani guna menstabilkan harga gabah di tingkat petani,” kata Syahrul dikutip dalam keterangan resminya, Senin 22 Maret 2021.

Tim Terpadu ini akan membeli gabah di tingkat petani sesuai dengan Harga Pembelian Pemerintah (HPP). Adapun ketetapan HPP diberlakukan untuk menjaga harga gabah atau beras di tingkat petani tidak anjlok. 

Berdasarkan laporan Kementan, Tim Terpadu mulai melakukan penyerapan di beberapa daerah seperti di Sragen, Jawa Tengah, dengan jumlah 17.580 ton dan di Banten sebanyak 53 ribu ton.

“Langkah serap gabah ini akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia, sehingga penurunan harga akibat panen raya bisa diantisipasi dan dapat memenuhi caadangan beras pemerintah. Semoga dengan langkah ini harga gabah tidak anjlok lagi, dan petani bisa sejahtera. Itulah harapan kita semua,” tutup Syahrul.

 

 

Tags : Kementan , Gabah Lokal

Berita Terkait