Sri Mulyani: Pembangunan Daerah Masih Banyak Bergantung Pada TKDD

| Senin, 22/03/2021 19:36 WIB
Sri Mulyani: Pembangunan Daerah Masih Banyak Bergantung Pada TKDD Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: twitter @KemenkeuRI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebut bahwa pendanaan pembangunan daerah masih sangat bergantung pada alokasi transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) dari pemerintah pusat.

Pasalnya menurut Menkeu, komponen pendapatan asli daerah (PAD) yang berupa pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD) mengalami penurunan. Hal ini utamanya karena pandemi covid-19 yang juga mempengaruhi aktivitas ekonomi di seluruh daerah.

“Selama ini pendanaan sangat tergantung kepada TKDD. 65% TKDD, sementara PAD berkontribusi sekitar 23% dan 8,4% berasal dari pendapatan lainnya. Selain itu daerah masih membutuhkan financing atau pembiayaan,” ungkapnya saat menjadi pembicara pada Kegiatan Silaturahim Kepemimpinan Daerah Partai Keadilan Sejahtera, Sabtu 20 Maret 2021.

Sri Mulyani mengatakan bahwa pemerintah sedang berupaya meningkatkan pajak daerah dan retribusi daerah (PDRD) dengan tetap memperhatikan keselarasan sistem perpajakan nasional dan kondisi perekonomian nasional.

 “Kita nanti akan melihat bagaimana kita akan mencoba memperkuat dari pemerintah daerah dalam melaksanakan PDRD nya namun tanpa menimbulkan ketidakpastian di bidang investasi,” pungkas Menkeu.

 

Tags : TKDD , SRI MULYANI

Berita Terkait