Stok BBM Melimpah, Cukup Hingga 28 Hari ke Depan

| Selasa, 30/03/2021 12:15 WIB
Stok BBM Melimpah, Cukup Hingga 28 Hari ke Depan Petugas Pertamina Lakukan Pengisian Bahan Bakar (Doc: Kompas)

RADARBANGSA.COM - Kilang minyak milik PT. Pertamina (Persero) di Balongan, Indramayu terbakar pada Minggu, 28 Maret 2021 lalu. Namun, stok bahan bakar minyak (BBM) disebut pihak Pertamina masih aman hingga 27-28 hari ke depan.

Dilansir dari okezone.com, saat ini stok nasional untuk gasoline tercatat sebanyak 10,5 juta barel yang diperkirakan cukup hingga 27-28 hari ke depan. Hal itu disampaikan oleh Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina, Mulyono.

"Jadi tidak ada masalah untuk gasoline karena pemakaian per hari nasional itu sekitar 390 Mb atau sekitar 62.500 KL per day," ujarnya.

Selain itu, kebutuhan solar juga aman karena masih tersedia 8,8 juta barel yang diperkirakan cukup hingga 20 hari ke depan. Sementara, untuk avtur stoknya sekitar 3,2 juta barel atau bisa hingga 74 hari konsumsi.

"Jadi tidak perlu panik karena stok sangat banyak, sangat berluber. Ini juga dipengaruhi karena kondisi belum sepenuhnya normal sehingga konsumsi juga belum begitu baik. Jadi stoknya masih sangat tinggi," tuturnya.

Tags : Pertamina , BBM , Kilang Minyak , Indonesia