RI Kolaborasi Dengan IEA Akselerasi Program Transisi Energi

| Rabu, 31/03/2021 06:28 WIB
RI Kolaborasi Dengan IEA Akselerasi Program Transisi Energi Sektor Bisnis EBT (Foto: Katadata)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Indonesia dan International Energy Agency (IEA) kembali berkolaborasi dalam mengakselerasi program transisi energi, pembangunan berkelanjutan serta memperkuat pemulihan ekonomi dari dampak pandemi.

"Indonesia telah menetapkan target EBT yang ambisisius dalam kebijakan transisi energi dan strategis nasional melalui penyusunan Grand Startegi Energi Nasional. IEA menjadi mitra utama Indonesia selama bertahun-tahun dalam membantu Indonesia mencapai tujuan tersebut. Saya senang IEA akan meningkatkan dukungan ini melalui Aliansi IEA-Indonesia guna mewujudkan target tersebut," kata Menteri Energi Sumber Daya Mineral, Arifin Tasrif, Selasa 30 Maret 2021.

Sejak tahun 2015, IEA telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dan program transisi energi bersih dari IEA telah memperkuat keterlibatan ini. Atas dukungan program ini, Indonesia memproritaskan sektor EBT dan teknologi energi bersih di tahun 2021 serta membuat peta jalan (roadmap) energi nasional yang baru.

Pada 2022, Indonesia akan menggelar Presidensi G20 dan di 2023 Indonesia akan menjadi Ketua ASEAN.

Dan selama periode kritis kepemimpinan Indonesia di dunia internasional tersebut, yang harus dipastikan adalah memastikan perekonomian di seluruh dunia segera bangkit dari krisis Covid-19 secara berkelanjutan dan tangguh.

Saat Indonesia keluar dari krisis Covid-19 dan mengambil langkah besar untuk menumbuhkan ekonomi dan memodernisasi sektor energi, kebijakan yang diambil dalam beberapa tahun ke depan akan berdampak besar pada tren energi regional dan global. Saya sangat senang dapat meluncurkan Aliansi baru ini dengan Menteri Tasrif," kata Direktur Eksekutif IEA, Fatih Birol.

Memiliki populasi lebih dari 279 juta jiwa yang tersebar di 17,000 pulau, Indonesia diharapkan menjadi negara tumbuh sebagai negara dengan ekonomi terbesar keempat di dunia.

Tags : Kolaborasi IEA , Transisi Energi

Berita Terkait