Menkeu Sri Mulyani: Kinerja Perekonomian Maret 2021 Terus Mengalami Tren Positif

| Kamis, 22/04/2021 17:29 WIB
Menkeu Sri Mulyani: Kinerja Perekonomian Maret 2021 Terus Mengalami Tren Positif Ilustrasi pertumbuhan ekonomi (gambar: gurupendidikan.co.id)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan kinerja perekonomian di bulan Maret terus melanjutkan tren postif, didorong kinerja positif berbagai sektor seperti manufactur, ekspor impor hingga Indeks Keyakinan Konsumen (IKK).

"Indeks keyakinan konsumen terlihat mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari 85,8 pada bulan Februari menjadi 93,4 pada bulan Maret 2021," kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati dalam keterangan persnya, Kamis 22 April 2021.

Menurut Menkeu Sri Mulyani, konsumen Indonesia memiliki keyakinan yang terlihat didalam beberapa indikator yang mendukung aktivitas konsumsi masyarakat,” jelasnya. 

PMI Manufaktur Indonesia, lanjut Ani, sapaan akrabnya, terus berada di zona ekspansif dalam 5 bulan terakhir. Pada bulan Maret ini, PMI  tercatat sebesar 5,32. Angka ini merupakan catatan rekor PMI tertinggi sejak April 2011.

“Di bulan Maret ini, leading indicators menunjukkan perbaikan dan terlihat dalam hal ini semuanya adalah berwarna hijau. Leading indicators adalah inidikator awal dari degup ekonomi Indonesia yang apabila dia didalam zona hijau berarti dia menggambarkan kegiatan yang positif,” lanjutnya.

Bahkan kata Ani, investasi diperkirakan menunjukkan perbaikan dengan adanya indikator konsumsi semen yang tumbuh positif sebesar 11,4% year to year dan indikator impor barang modal yang juga menujukkan tren positif. Pada bulan Maret 2021, kinerja ekspor mengalami peningkatan yang siginifikan sebesar 30,26% year on year, sementara kinerja impor juga memiliki tren positif dengan peningkatan sebesar 26,40% year on year.

“Ini menggambarkan bahwa momentum kita pulih dari base effect tahun lalu menunjukkan suatu peran yang sangat meyakinkan,” tutup Menkeu

Tags : Pertumbuhan Ekonomi , Sri Mulyani , UKM