Kemenperin Dorong Pengembangan Sektor Sepeda Lokal

| Senin, 07/06/2021 09:19 WIB
Kemenperin Dorong Pengembangan Sektor Sepeda Lokal Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita menaiki produk sepeda lokal (Doc: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendukung upaya perkembangan sektor sepeda lokal.

Menteri Perindustrian Agung Gumiwang Kartasasmita mengatakan permintaan sepeda sejak pandemi telah meningkat dan membuka peluang usaha termasuk bagi industri kecil dan menengah (IKM).

“Upaya usaha sepeda tersebut yang sejalan dengan peningkatan daya saing industri nasional, tercatat sejak Februari lalu, Kemenperin telah menyerahkan Sertifikat Produk Penggunaan Tanda Sertifikat Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI) untuk PT. Kreuz Bike Indonesia, pemilik merek dagang sepeda lipat Kreuz,” kata Menperin, Minggu 6 Juni 2021.

Dengan memiliki SNI, otomatis menunjukkan bahwa produk sepeda Kreuz telah terjamin kualitasnya dan memenuhi standar dari pemerintah dalam rangka memberi jaminan keamanan dan keselamatan bagi pengguna.

“Saya harap sepeda Kreuz sebagai produk lokal dapat menjadi motivasi dan memberi semangat bagi pelaku usaha IKM sepeda lokal lainnya untuk terus meningkatkan kualitas dan mengibarkan sayapnya dalam persaingan global,” tukas Menperin.

Sebagai informasi, Kreuz adalah salah satu IKM produsen sepeda lipat di Bandung, juga ikut merasakan keuntungan dengan meningkatnya minat masyarakat bersepeda.

IKM yang pada awalnya memulai usaha rumahan dengan membuat berbagai tas sepeda itu, mengembangkan produksi sepedanya di tahun 2019. Awalnya hanya untuk sarana display produk tas, namun terdapat demand untuk frame sepeda, sehingga Kreuz memulai R&D yang berlanjut hingga memproduksi frame dan melayani perakitan sepeda mulai Maret 2020.

 

 

Tags : Sepeda Lokal , Produk Sepeda

Berita Terkait