Produsen Manfaatkan Lonjakan Permintaan Daging Saat Idul Adha

| Rabu, 21/07/2021 07:13 WIB
Produsen Manfaatkan Lonjakan Permintaan Daging Saat Idul Adha Kios Daging di Pasar Rakyat (Doc: Kominfo Jatim)

RADARBANGSA.COM - Pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Rusli Abdullah, mengatakan jika sejumlah produsen memanfaatkan permintaan daging yang cukup tinggi pada perayaan Hari Raya Idul Adha. Akibatnya, terjadi kenaikan pada daging sapi dan kambing di sejumlah pasar wilayah DKI Jakarta.

"Kemungkinan ini perilaku konsumen karena kebutuhan lebih besar, dan juga perilaku produsen," kata Rusli Abdullah seperti dikutip, Rabu 21 Juli 2021.

Dari data Informasi Pangan Jakarta, pada Selasa, harga rata-rata harian daging sapi dan kambing mengalami kenaikan masing-masing sebesar Rp 1.174 dan Rp 2.414 per kilogram saat Idul Adha.

Harga daging sapi has (paha belakang) mencapai Rp 135.833 per kilogram atau naik Rp 1.174 dan daging kambing mencapai Rp 132.727 per kilogram atau naik Rp 2.414 dibandingkan harga pada Senin kemarin.

Menurut Rusli, pasokan daging khususnya kambing dan sapi saat ini melimpah seiring pembagian daging kurban saat Idul Adha, sehingga harga dapat ditekan. Sedangkan soal perilaku produsen, ia memperkirakan para produsen memanfaatkan momentum hari raya karena banyak permintaan.

Ia mengharapkan pemerintah daerah untuk terus memastikan pasokan kebutuhan pokok termasuk daging yang dipasok dari daerah penyangga dan provinsi di sekitar DKI Jakarta, dalam kondisi lancar sehingga tidak terjadi gejolak harga saat pandemi Covid-19.

 

Tags : Harga Daging Sapi , Daging Sapi , Harga Daging

Berita Terkait