Kepala Daerah Diminta Percepat Penyerapan KUR Pertanian

| Jum'at, 30/07/2021 14:49 WIB
Kepala Daerah Diminta Percepat Penyerapan KUR Pertanian Ilustrasi. Lahan Petani (Foto: Kementan)

RADARBANGSA.COM - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meminta kepada para kepala daerah di Indonesia untuk memperkuat penyerapan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pertanian secara masif dan berkelanjutan.

Menurutnya, percepatan KUR penting dilakukan untuk meningkatkan produktivitas pangan lokal serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Mengenai hal ini, Mentan mencontohkan penyerapan KUR di Provinsi Maluku sejaih ini sudah berjalan dengan baik, dimana terjadi peningkatan daya serap antara pelaku usaha dengan gabungan kelompok tani. Karena itu, Maluku bisa menjadi contoh dalam melakukan percepatan dan penyerapan.

"Yang penting itu konsepsinya harus jelas, Pak Gubernur dan Pak Bupati. Harus berskala ekonomi dan berkelanjutan. Minimal 1 hektare itu bisa 7 ton. Karena itu mainkan terus KUR di wilayah kerja masing-masing," ujar Mentan dalam keterangannya, Jumat 30 Juli 2021. 

Mentan mengatakan, program KUR sudah terbukti memiliki keuntungan besar yang berdampak langsung pada peningkatan kesejahteraan. Misalnya, dari total luas tanam 1 hektar, keuntungan yang didapat bisa mencapai Rp 10 smpai Rp 15 juta dalam sekali panen. 

"Penghasilan sebesar itu diluar pengeluaran lain seperti makan, minum dan lain-lain. Jadi saya bisa pastikan 10 juta itu penghasilan bersih. Kenapa? karena dengan KUR akselerasinya lebih kuat dan lebih cepat. Kita tau dalam 2 tahun saya jadi menteri tidak ada impor beras, Pak, Bu," katanya.

Karena itu, Mentan berjanji, ke depan pihaknya akan menambah alokasi tambahan dana KUR Maluku menjadi kurang lebih 1 triliun. "Saya mau Maluku tidak lagi tergantung dengan daerah lain. saya mau Maluku jadi lumbung pangan nasional," katanya.

Tags : KUR pertanian , Kepala Daerah

Berita Terkait