Data Ekonomi AS Membaik, Rupiah Melemah 4 Poin Pertengahan Hari

| Jum'at, 13/08/2021 12:29 WIB
Data Ekonomi AS Membaik, Rupiah Melemah 4 Poin Pertengahan Hari Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Melemah (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Amerika Serikat (AS) pada Kamis Malam merilis data positif dari ekonomi Amerika Serikat yang menunjukkan perbaikan.

Tercatat indeks harga produsen AS bulan Juli naik dan data klaim tunjangan pengangguran mingguan AS menunjukkan penurunan.

Kondisi diatas memungkinkan membuat rupiah melemah di akhir pekan.

Mengutip Bloomberg, Jumat pukul 11.58 WIB, kurs rupiah bergerak pada level Rp14.386 per dolar AS. Posisi tersebut melemah 4 poin atau 0,03% apabila dibandingkan dengan posisi penutupan pasar spot pada Kamis sore kemarin di level Rp14.382 per dolar AS.

Pengamat pasar keuangan, Ariston Tjendra mengatakan bahwa dolar AS kembali menguat terhadap nilai tukar utama dunia semalam pasca rilis perbaikan data ekonomi AS.

"Hasil ini bisa mendukung kebijakan tapering di akhir tahun yang sudah didengungkan oleh para pejabat The Fed," kata Ariston seperti dikutip dari Indo Premier News, Kamis 13 Agustus 2021.

Di sisi lain, membaiknya IHSG yang artinya pelaku pasar melihat peluang pemulihan di aset berisiko mungkin bisa menahan pelemahan rupiah terhadap dolar AS.

"Potensi pelemahan ke kisaran Rp14.410 per dolar AS. Dengan potensi support di kisaran Rp14.360 per dolar AS," tutup Ariston. 

Tags : Rupiah , Ekonomi AS , Kurs Rupiah