Rupiah Siang Hari Menguat Tipis 6,5 Poin

| Senin, 16/08/2021 12:44 WIB
Rupiah Siang Hari Menguat Tipis 6,5 Poin Rupiah dan Dolar Amerika Serikat (Foto: Istimewa)

RADARBANGSA.COM - Kekhawatiran pelaku pasar masih tinggi terhadap laju kenaikan kasus baru Covid-19 global. Namun rupiah berhasil menguat tipis pada pertengahan hari.

Mengutip Bloomberg, Senin pukul 12.09 WIB, kurs rupiah diperdagangkan pada level Rp14.381 per dolar AS. Posisi tersebut menunjukkan penguatan 6,5 poin atau 0,01% apabila dibandingkan dengan posisi penutupan pasar spot pada akhir pekan Jumat sore kemarin di level Rp14.387 per dolar AS.

Pengamat pasar keuangan, Ariston Tjendra mengatakan bahwa resiko pasar keuangan masih ada terhadap aset berisiko pagi ini dengan melemahnya indeks-indeks saham regional.

"Dengan sentimen tersebut, Rupiah mungkin bisa ikut melemah hari ini," kata Ariston seperti dikutip dari Indo Premier News, Senin 16 Agustus 2021.

Kekhawatiran pasar yang meninggi terhadap laju kenaikan kasus baru Covid-19 dunia karena varian delta mungkin menjadi salah satu alasan sentimen alih risiko tersebut.

Tapi di sisi lain, kasus covid yang mulai menurun dan aktivitas masyarakat yang mulai dilonggarkan di Indonesia akan membantu menahan pelemahan nilai tukar rupiah dan mungkin bisa berubah menguat.

Ariston memperkirakan rupiah mungkin bergerak melemah ke kisaran Rp14.400 per dolar AS, dengan potensi penguatan di kisaran Rp14.360 per dolar AS pada hari ini.

 

Tags : Rupiah , kurs rupiah